Peristiwa Daerah

Hujan Deras Sejak Pagi Hingga Sore, Lima Desa di Probolinggo Tergenang Banjir

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:01 | 43.97k
Suasana pemukiman warga yang tergenang banjir di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. (Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)
Suasana pemukiman warga yang tergenang banjir di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. (Foto: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOHujan deras masih terus mengguyur wilayah Kabupaten Probolinggo, Kamis (26/5/2022).

Hujan yang terjadi sejak pagi hari hingga kini pukul 13.40 WIB tersebut merendam lima desa di Kecamatan Gending, kabupaten setempat.

Lima desa yang terendam air setinggi sekitar satu meter itu adalah Desa Gending, Jati Adi, Pesisir, Brumbungan Lor, dan Desa Klaseman.

“Hujannya terjadi sejak subuh pukul 04:00 WIB tadi, air berasal dari sebagian sungai yang melintas di beberapa desa di sini, sungainya tak mampu menampung volume air yang begitu deras,” kata Sudi, seorang warga di Desa Gending.

Ia menyebut, ada lima desa yang terdampak luapan air sungai. Airnya lumayan tinggi, sehingga membuat warga di lima desa kaget dan harus buru-buru menyelamatkan perabotan rumahnya.

banjir-di-Kecamatan-Gending-a.jpg

Tak hanya itu, akibat banjir tersebut, jalur pantura Probolinggo juga mengalami kelumpuhan akibat genangan air yang meluber ke jalan raya hingga 30-40 cm. kemacetan pun terjadi karena banjir. Sehingga sebagian pengendaran menggunakan jalur alternatif di jalan raya Gending.

Banjir yang menggenangi lima desa di Kecamatan Gending, itu juga dibenarkan oleh Kades Jatiadi, Tutik Subardiyah , ia mengaku lima desa memang terdampak banjir akibat hujan deras yang tak kunjung reda.  

“Banjir ini akibat hujan sejak pagi hari tasi hingga sore ini. Air masuk ke perkampungan warga di lima desa dari luapan sawah dan sungai. Ketinggian air yang dirasakan warga cukup meresahkan,” katanya.

Kata Tutik, ratusan hektar sawah di lima desa di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, juga terendam banjir itu. Banyak tanaman di area pesawahan milik petani juga rusak akibat tergerus air akibat hujan deras tersebut.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES