Peristiwa Daerah

Hujan Deras, Jalur Pantura Probolinggo dan Rumah Warga Tergenang

Kamis, 26 Mei 2022 - 12:54 | 59.70k
Jalur pantura Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo lumpuh akibat luapan air dari pesawahan dan sungai.(Foto: tangkapan layar)
Jalur pantura Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo lumpuh akibat luapan air dari pesawahan dan sungai.(Foto: tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Hujan deras di wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mengakibatkan jalur Pantura Probolinggo, lumpuh akibat luapan air dari pesawahan dan sungai pada Kamis (26/5/2022).

Tampak seluruh pengendara roda dua dan roda empat yang melintas di jalan raya Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, dari arah barat dan dari arah timur terganggu akibat genangan air yang diperkirakan 50 sentimeter itu.

“Ini saya di jalan raya Gending, jalannya lumpuh. Ada pula motor pengendara yang mogok akibat kemasukan air. Mobil saya juga hampir mogok. Ketinggian air di jalur pantura ini sekitar 50 sentimeter,” ujar Muchlisin, seorang pengendara roda empat.

Muchlisin mengaku, air yang meluap ke jalan raya itu berasal dari area pesawahan di selatan jalan raya dan luapan dari sungai kecil yang juga berada di selah selatan jalan raya itu.

Tak hanya di jalur pantura, luapan air akibat intensitas hujan yang cukup deras itu juga menggenangi sejumlah rumah rumah warga yang bermukim di pinggir jalan raya pantura itu.

Banjir-Probolinggo.jpg

Rumah warga tak luput dari genangan air akibat hujan deras sejak pagi hingga siang hari.(Foto: Dicko/TIMES Indonesia)

“Sejumlah perumahan di Kecamatan Pajarakan dan Kecamatan Gending, juga terdampak genangan air akibat hujan sejak pagi hingga siang. Genangan air yang masuk ke pemukiman warga setinggi 30-40 sentimeter,” terang Arif, penghuni rumah di perumahan Pajarakan Land.

BMKG Juanda secara tertulis memperkirakan cuaca di Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Probolinggo, akan terjadi hujan lebat dan sedang.

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur dan sekitarnya hari ini tgl 26 Mei 2022 :

- Pagi hari : diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

- Siang-sore hari : diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

- Malam hari : diprakirakan cerah, berawan, berkabut, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

- Dini hari : diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan-sedang.

- Suhu udara : 15 - 33 °C

- Kelembapan udara : 60 - 100 %

- Angin : dominan dari Timur - Tenggara dengan kecepatan 05 - 30 km/jam

- Peringatan dini :

Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada:

- Pagi hari di wilayah Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Banyuwangi dan Bangkalan.

- Siang-Sore hari di wilayah Bojonegoro, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan dan Sampang.

- Malam hari di wilayah Sidoarjo, Kota Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan dan Sumenep.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, terus memonitor perkembangan cuaca hari ini, Kamis 26 Mei 2022.

Menurut BPBD, Kabupaten Probolinggo dan sekitarnya di saat ini mengalami hujan yang cukup merata, dari pagi hari hingga siang hari.

"Kita tunggu perkembangan dari BMKG sama liat radar dulu. Sementara sih masih ada potensi hujan," tulis personel Pusat Pengendalian Operasi-Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Kabupaten Probolinggo, Silvia Verdiana.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES