Politik

Anies-AHY Potensial di Pilpres 2024, Pengamat: Muda dan Enerjik

Rabu, 25 Mei 2022 - 21:23 | 37.19k
Anies Baswedan dan AHY. (foto: dok Lip6)
Anies Baswedan dan AHY. (foto: dok Lip6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tahun politik 2024 sudah mulai terlihat gegap gempitanya. Deretan nama-nama figur potensial pun mulai mencuat. Tiga nama teratas hasil survei sejumlah lembaga, adalah Prabowo Subianto, Gajar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Hanya saja, Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing memberikan catatan penting, bahwa selain cerdas dan visioner, calon pemimpin Indonesia mendatang sebaiknya dari kalangan milenial.

“Ada banyak pemimpin di usia (milenial) ini, ada Anies Baswedan sampai Agus Harimukti Yudhoyono (AHY)” ucap Emrus dalam diskusi bertajuk ‘Menelisik Seputar Capres Milenial 2024‘, secara virtual, Rabu, (25/5/2022).

Emrus lalu mengingatkan masyarakat untuk cermat dalam memilih pemimpin, khusunya di Pilpres 2024. Hal ini penting, lantaran masih banyak kandidat calon yang menggunakan cara-cara pemcitraan guna meraih simpati publik.

“Kadang orang Indonesia hanya terfokus ke hasil lembaga survei, tapi tak melihat kualitas pemimpin itu sendiri. Namun, Indonesia butuh pemimpin muda yang kuat dan enerjik,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Political and Publik Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai, Gubernur Anies dan AHY sangat potensial jika dipasangkan di Pilpres 2024.

“Jika di USA ada kandidat potensial di suatu negara bagian maka ada penggalangan dana publik yang kredibiltasnya bisa dipertangungjawabkan untuk membiayai kader yang potensial,” ungkap Jerry.

Hal serupa, kata Jerry, seharusnya juga bisa dilakukan di Indonesia dengan membentuk lembaga keuangan publik untuk membiayai kandidat berkualitas tersebut.

“Kalau dari kalangan milenial kan ada Anies-AHY yang bisa dibilang diminati publik. Sekarang ini sudah mulai diformulasikan tingkat popularitas dan elektabilitas generasi milenial yang mempunyai potensi untuk dipasangkan,” jelas Jerry.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES