Pendidikan

Hebat, 17 Mahasiswa UC Surabaya Berhasil Lolos IISMA 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 19:18 | 110.79k
17 Mahasiswa UC Surabaya berhasil lolos IISMA 2022. (foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
17 Mahasiswa UC Surabaya berhasil lolos IISMA 2022. (foto: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Seleksi program beasiswa Indonesian International Mobility Awards (IISMA) tahun 2022 telah diumumkan. IISMA merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Mahasiswa berkesempatan kuliah di kampus luar negeri terbaik pilihannya dan mendapatkan pembiayaan kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, biaya pembuatan visa dan tiket pesawat, serta biaya tes Covid-19 (PCR) hingga karantina.

Di tahun 2022 ini, 17 mahasiswa Universitas Ciputra (UC) Surabaya berhasil lolos proses seleksi dan dinyatakan berhak untuk mendapatkan beasiswa di universitas yang mereka pilih.

Kepala Kerja sama (KUI) UC Suryani Halim, S.E., menyatakan bahwa untuk keikutsertaan tahun ke-2 ini ada beberapa strategi yang dilakukan.

"Jumlah ini meningkat dimana tahun kemarin tercatat 12 orang yang lolos IISMA 2021," tutur Suryani pada TIMES Indonesia pada (25/5/2022).

Daftar-17-Mahasiswa-UC-Surabaya.jpg

Suryani memaparkan mengenai pembaharuan sistem di UC agar di tahun ini mahasiswanya lolos seleksi IISMA 2022.

“Dari pengalaman IISMA 2021 ini, kami melakukan berbenah sehingga lebih banyak lagi mahasiswa yang lolos dalam program ini,” imbuhnya.

Suryani juga menjelaskan beberapa strategi dalam mempersiapkan IISMA 2022 diantaranya adalah dengan melakukan sosialisasi program lebih awal kepada mahasiswa, bekerja sama dengan program studi dalam hal mempersiapkan mahasiswa dan proses seleksi.

“Kami melakukan awareness lebih awal tetang program IISMA kepada mahasiswa semester 4-7, mendorong mereka juga untuk mencari informasi tentang kampus tujuan IISMA 2022 dan program yang bisa dipelajari disana," jelas Suryani.

Menurut Suryani, yang tidak kalah penting adalah mahasiswa yang sudah pernah mendapatkan program IISMA 2021 agar membimbing adik-adiknya agar mengikuti tips-tips supaya dapat lolos seleksi.

"Kami juga mengundang mahasiswa peserta IISMA 2021 untuk bisa sharing pengalaman. Setelah itu kami juga informasikan untuk mahasiswa bisa mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari seperti sertifikat TOEFL iBT/Paper-based/IELTS/Duolingo," jelasnya.

Peran kepala program studi juga menjadikan kunci keberhasilan ikut serta dalam seleksi dan mempersiapkan mahasiswa untuk cakap beradaptasi (cross culture adaptability ) dan juga mampu memrepresentasikan budaya bangsa Indonesia.

Suryani Halim memaparkan banyak benefit yang didapatkan oleh mahasiswa saat mengikuti program IISMA diantaranya adalah peningkatan kemampuan beradaptasi terhadap budaya global, lebih percaya diri dan mampu bergaul dalam bahasa global.

Diungkapkan juga oleh salah satu Mahasiswi yang berhasil lolos di Boston University Metropolitan College, Celine Soegiardjo menceritakan proses pengurusan persyaratan IISMA 2022.

"Jadi setelah semua keterima, kita disuruh interview, interviewnya itu sama Stafnya IISMA tentang diri kita. Habis itu setelah interview kita tunggu sekitar 2 minggu itu hasilnya keluar," tutur Mahasiswi dari Prodi Internasional Bisnis Manajemen UC.

Sebagai informasi, mahasiswa yang telah lolos IISMA 2022 akan belajar di luar negeri selama 4 bulan atau 1 semester di universitas yang telah dipilihnya yang berangkat pada bulan Agustus hingga Desember 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES