Peristiwa Daerah

Bupati Sumedang Dorong Peran Destana dalam Meminimalisir Jatuhnya Korban Bencana Alam

Rabu, 25 Mei 2022 - 17:40 | 28.90k
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir seusai mengukuhkan Desa Tanggap Bencana di Jatiroke Sumedang Jabar, Rabu (25/5/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir seusai mengukuhkan Desa Tanggap Bencana di Jatiroke Sumedang Jabar, Rabu (25/5/2022). (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANGBupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang terus mengoptimalkan upaya meminimalisir dan pencegahan dini terhadap bencana alam.

Hal itu diungkapkannya  Bupati Dony Ahmad Munir kepada wartawan seusai mengukuhkan Destana di Desa Jatiroke Jatinangor Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (25/5/2022).

"Kami akan terus optimalkan peran semua pihak dan berkolaborasi dalam penanggulangan pencegahan bencana alam. Sehingga, saya mengapresiasi peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menggelar pelatihan dan pengukuhan Desa Tangguh Bencana (Destana)," ujarnya.

Menurut Bupati Dony, Destana merupakan upaya dalam meminimalisir jatuhnya korban bencana alam. Sehingga, setiap desa di Kabupaten Sumedang dituntut kesiapsiagaannya. Terlebih, dapat mendeteksi dini jika terjadi bencana di daerahnya.

"Alhamdulillah hari ini kita bentuk Destana. Kami berharap Destana dapat mendeteksi dini bencana. Bahkan, cepat menyampaikan pelaporan terhadap potensi rawan bencana. Sehingga, diharapkan terhindar dari korban jiwa dan kerusakan yang berdampak lebih besar lagi," kata Dony. 

Menurut Dony, Sumedang termasuk dalam kategori daerah rawan bencana sedang. Mengingat, kontur alamnya begitu labil terdiri dari gunung-gunung dan tebing. Bahkan, ada juga daerah rawan banjir seperti, Jatinangor dan Cimanggung.

Oleh sebab itu, imbuh Bupati, diperlukan langkah dan upaya antisipasi sebelum terjadi bencana alam termasuk masyarakatnya harus sigap bencana. Sejatinya harus tahu dulu kondisi alam di sekitar dan tentunya harus melestarikan alam agar tetap harmoni.

"Oleh karena itulah kami berharap masyarakat pedesaan bersama-sama dengan relawan yang ada di desanya harus tangguh tanggap bencana. Kalau terjadi bencana alam bisa langsung ditanggulangi dan diantisipasi seketika," tukas Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES