Peristiwa Daerah

Prosesi Manten Tebu Tanda Dimulainya Musim Giling PT RMI Blitar

Rabu, 25 Mei 2022 - 17:12 | 95.31k
Prosesi tradisi Manten Tebu di Pabrik Gula PT RMI di Desa Rejoso Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar Jawa Timur menggelar tradisi Manten Tebu, Rabu (25/5/2022). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)
Prosesi tradisi Manten Tebu di Pabrik Gula PT RMI di Desa Rejoso Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar Jawa Timur menggelar tradisi Manten Tebu, Rabu (25/5/2022). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Pabrik Gula PT Rejoso Manis Indo (PT RMI) di Desa Rejoso Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar Jawa Timur menggelar tradisi Manten Tebu, Rabu (25/5/2022). Gelaran tradisi Manten Tebu sebagai tanda mulai masuknya musim giling tahun 2022.

Prosesi Manten Tebu yaitu menikahkan tebu yang dianggap berjenis pria dengan tebu wanita. Kedua tebu tersebut dibawa oleh pasangan pria-wanita lengkap mengenakan pakaian pengantin adat Jawa. 

Prosesi pernikahan dilakukan oleh tokoh adat setempat, Selanjutnya kedua tebu mempelai diarak beriringan menuju penggilingan. Kemudian, keduanya dilemparkan ke penggilingan sebagai simbol dimulainya musim giling.

Prosesi-Manten-Tebu-2.jpg

"Sebenarnya manten tebu adalah suatu simbolis bahwa, tentu manten definisinya adalah dua orang yang sudah kenal yang diikat dalam satu hubungan," kata Factory Manager PT RMI, Heri Widarmanto.

Menurut Heri melalui manten tebu tersebut memiliki harapan bahwa hubungan antara pabrik dengan petani dan stakeholder berjalan dengan baik. 

Selain itu, Heri mengungkapkan tradisi Manten Tebu dilaksanakan juga sebagai ungkapan rasa syukur. Serta, sebagai bentuk permohonan keselamatan kepada tuhan atas dimulainya musim giling tebu tahun 2022.

"Kami dengan petani dan stakeholder saling memberi saling menerima seperti rumah tangga. Hubungan ini bukan jangka pendek tetapi jangka panjang, karena ini menyangkut keberlangsungan PT RMI juga," jelasnya.

Prosesi-Manten-Tebu-3.jpg

Dengan adanya tradisi manten tebu itu, juga diharapkan produktivitas pabrik PT RMI semakin meningkat di tahun 2022. Heri mengutarakan, tahun ini pihaknya menargetkan memproduksi 1,1 juta ton tebu dengan rendimen 8.14- 8.20.

Target tersebut, ia katakan, didukung oleh petani mitra yang tersebar di Blitar Malang dan Kediri.

"Tapi dari semuanya mayoritas kita ambil tebu dari petani Blitar. Hampir 50 persen dari Blitar. Sedangkan, target outputnya 90 ribu ton gula tahun ini. di tahun 2021 kita menghasilkan sekitar 67 ribu ton gula," urai Heri.

Untuk informasi, Pabrik Gula PT Rejoso Manis Indo (PT RMI) di Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar mulai menggiling tebu pada 22 Agustus 2019. Setiap tahun manten tebu dilaksanakan sebagai tanda dimulainya musim giling.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES