Peristiwa Nasional

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Dorong Perbankan Syariah Nasional Manfaatkan Peluang

Rabu, 25 Mei 2022 - 15:11 | 44.80k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin (FOTO: Setwapres)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin (FOTO: Setwapres)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWares RI KH Ma'ruf Amin memyatakan, potensi penguatan perbankan syariah nasional sangat besar, sehingga industri perbankan syariah harus mampu menggali dan memanfaatkan peluang yang ada dengan berbagai cara.

Dia mengatakan Indonesia adalah konsumen produk halal terbesar dunia. Konsumsi produk dan layanan domestik diperkirakan tumbuh mencapai hampir 15 persen selama periode 2020-2025.

Konsumen yang berbelanja produk makanan dan minuman, fesyen Muslim, pariwisata halal, serta kosmetik halal, menjadi pasar yang sangat besar bagi perbankan syariah. Begitu juga peluang ekspor bagi industri halal, seiring dengan terus meningkatnya konsumsi halal Muslim global.

"Untuk itu, sinergi perbankan syariah dengan industri produk halal harus ditingkatkan melalui penciptaan produk dan layanan yang dibutuhkan bagi pengembangan industri produk halal," ucap Wapres dalam sambutannya secara virtual pada acara Halalbihalal Asbisindo 2022 di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Wapres juga menekankan, sinergi perbankan syariah dengan pengembangan dana sosial keuangan syariah. Menurutnya, perbankan syariah harus dapat mengoptimalkan pengelolaan dana keuangan syariah berupa zakat, wakaf, infak dan sedekah, termasuk dalam mendorong pengumpulan cash waqf linkage sukuk (CWLS), yang kini pertumbuhan dan jangkauannya semakin meluas berkat digitalisasi keuangan.

Selanjutnya, sinergi proaktif dengan kementerian dan lembaga serta dunia usaha, termasuk BUMN, untuk mendorong pemanfaatan layanan perbankan syariah oleh ASN dan pegawai BUMN, mencakup di antaranya layanan gaji melalui perbankan syariah, serta sinergi dengan dunia pendidikan. 

Wapres mengatakan, selain dalam pengelolaan keuangan pendidikan, langkah ini juga menjadi bagian dari upaya peningkatan literasi masyarakat sejak dini. "Edukasi keuangan syariah, termasuk pendidikan investasi yang baik dan halal, perlu didorong agar umat terhindar dari jerat penipuan berkedok investasi," kata dia.

Di sisi lain, Wares RI KH Ma'ruf Amin menekankan perbankan syariah juga perlu berkolaborasi dengan dunia pendidikan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES