Gaya Hidup

Sebelum Renovasi Rumah, Perhatikan Beberapa Hal Penting Ini

Rabu, 25 Mei 2022 - 10:00 | 64.81k
(FOTO: Unsplash)
(FOTO: Unsplash)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Banyak cara untuk menjadikan mimpi memiliki rumah idaman menjadi kenyataan. Renovasi rumah adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadirkan hunian idaman sesuai keinginan.

Pemugaran rumah terkadang dibutuhkan agar hunian yang tempati saat ini mampu bertahan lama atau mungkin bisa juga diwariskan kepada generasi berikutnya.

Renovasi rumah dapat diartikan sebagai sebuah proses atau kegiatan memperbaiki, meremajai atau menyempurnakan struktur rumah. Termasuk pula menambah ruangan dari bangunan yang sudah ada.

Renovasi rumah memang bisa menjadi alternatif untuk menekan biaya pengeluaran dalam menghadirkan rumah impian. Hanya saja, kegiatan menata rumah kembali juga bukan sesuatu yang terbilang murah. Maka, Anda butuh perencanaan yang matang, terutama soal budget atau anggaran dana agar hasil renovasi rumah sesuai dengan yang Anda idamkan.

Sebelum Anda memulai melakukan renovasi rumah, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.

Rencanakan Secara Matang

Pastikan Anda melakukan konsultasi tentang gambaran rumah idaman sebelum melakukan rumah.

Anda bisa berkonsultasi kepada pihak-pihak yang ahli di bidangnya, seperti arsitek dan desainer interior.

Hal ini dianggap perlu agar gambaran yang Anda miliki terkait rumah idaman tersebut bisa terlihat secara konkret, meskipun masih dalam sketsa 2D atau 3D. Kemudian, perhatikan juga tentang material yang akan digunakan. Karena akan menjadi aspek paling penting dalam menjaga kondisi rumah setelah renovasi jadi lebih awet.

Umumnya, Anda juga akan diberikan estimasi biaya dari para ahli di bidang renovasi rumah. Anda bisa untuk mencari referensi lain agar baik dari segi desain rumah dan biaya sebagai bahan perbandingan.

Persiapkan Anggaran 

Langkah selanjutnya adalah mulai membuat rincian anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi rumah. Jika Anda menggunakan jasa arsitek, desainer interior, atau kontraktor, maka rancangan anggaran renovasi rumah ini sudah termasuk ke dalam jasanya.

Jadi pada masa konsultasi lebih lanjut, para ahli tersebut akan memberikan proposal anggaran untuk memberikan perincian biaya yang dibutuhkan dalam melakukan renovasi rumah impian Anda. Total biayanya mengacu pada akumulasi biaya material serta biaya tenaga kerja.

Kenali Luas Bangunan dan Lahan Rumah

Kemudian, Anda harus mengetahui luas bangunan atau lahan yang Anda miliki untuk mengatur biaya yang dibutuhkan pada proses renovasi rumah. Maka ada baiknya Anda mengenal lebih detail tentang rumah Anda sebelum direnovasi. Terutama mengenai luas bangunan dan lahan pada rumah.

Dengan begitu, bisa saja Anda tidak membutuhkan perombakan rumah secara besar-besaran, seperti merekonstruksi ulang ruangan dari awal yang akan juga membantu Anda dalam memangkas biaya renovasi rumah.

Sediakan Dana Tak Terduga

Kendati Anda telah menyetujui dan menentukan budget yang dibutuhkan dalam melakukan renovasi rumah impian, perlu diketahui bahwa Anda membutuhkan cadangan biaya untuk hal-hal yang tidak terduga. Kejadian di luar rencana ini bisa saja muncul seperti dari perubahan harga bahan baku renovasi rumah saat di tengah proses renovasi. Atau bahkan keberadaan faktor alam yang harus menunda pekerjaan sehingga waktu dan biaya pun harus bertambah.

Pastikan Anda menyiapkan dana tidak terduga sebesar 10 hingga 20 persen dari budget anggaran utama agar proses renovasi rumah tetap berjalan lancar.

Tips Memilih Kontraktor Renovasi Rumah

Umumnya Anda dan keluarga memiliki tukang bangunan atau kontraktor langganan yang sudah turun temurun jadi pilihan utama untuk pengerjaan pembangunan atau renovasi rumah. Hanya saja, terkadang rencana tersebut bisa saja tidak terlaksana karena waktu dari kedua belah pihak yang tidak sesuai.

Maka, Anda pun harus siap memiliki kontak kontraktor cadangan lainnya untuk menjalankan renovasi rumah idaman Anda sesuai timeline yang Anda inginkan.

Dalam mencari rekomendasi kontraktor yang baik, Anda bisa mulai dengan menggali informasi terlebih dahulu kepada para tetangga di sekitar rumah Anda. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui secara detail tentang pengerjaan kontraktor tersebut. Anda juga bisa mencari informasi melalui internet. Anda pun juga memiliki kemungkinan mengetahui rekam jejak pekerjaan yang telah dilakukan oleh kontraktor tersebut.

Salah satu rekomendasi kontraktor untuk renovasi rumah di kawasan Jawa Tengah khusus Semarang dan sekitarnya adalah Renovrumah.my.id. Kontraktor ini menyediakan jasa renovasi dan pembangunan rumah, kantor, kost, sekolah dan lainnya. Sejak 2018, Renovrumah sudah mengerjakan puluhan bangunan dengan sistem 5 langkah layanan mulai dari interview, survey teknis, desain, pembuatan RAB dan pengerjaan. Renovrumah juga menyediakan container bekas sebagai hunian maupun kantor, ukuran 20 feet maupun 40 feet. 

Kunjungi situs https://renovrumah.my.id, chat via WhatsApp di nomor 085726629898 atau datang langsung ke Azkanal Renovrumah, Desa Pucangrejo, Rt 006 Rw 02 Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal untuk informasi lebih lanjut.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES