Gaya Hidup

Jangan Asal, Begini Tips Mencukur Jenggot dan Kumis yang Aman Sekaligus Nyaman 

Rabu, 25 Mei 2022 - 01:08 | 76.94k
Krim cukur diperlukan untuk menghindari iritasi.
Krim cukur diperlukan untuk menghindari iritasi.

TIMESINDONESIA, JAKARTAMencukur jenggot dan kumis merupakan rutinitas yang dilakukan oleh kaum Adam. Namun tak jarang banyak yang masih asal-asalan dalam menjalankan ritual mencukur ini.

Padahal hal itu sangat berbahaya karena dapat melukai wajah. Nah berikut tips mencukur jenggot dan kumis yang aman sekaligus nyaman

1. Basahi jenggot dan kumis

Sebelum melakukan pencukuran sebaiknya basahi jenggot dan kumis. Tujuannya untuk melembapkan sekaligus membuat rambut jenggot dan kumis lebih lemas sehingga mudah untuk dicukur.

Oiya, Anda juga harus memperhatikan seberapa panjang jenggot atau kumis sebelum dicukur. Jika terlalu panjang sebaiknya digunting dahulu agar lebihmudah dicukur menggunakan pisau cukur. 

2. Gunakan gel atau krim cukur

Banyak yang melewatkan step ini karena dianggap membuang-buang waktu. Padahal langkah penggunaan gel atau kirm cukur ini penting lho. 

Gel cukur berfungsi melumasi kumis dan jenggot supaya lebih mudah dicukur. Selain itu, gel juga dapat mencegah terjadinya iritasi atau lupa di tempat tumbuhnya kumis dan jenggot. 

3. Pisau cukur harus tajam dan hiegenis

Pakai pisau cukur yang tajam agar rambut dapat terpotong dengan sempurnya. Pastikan juga alat cukur Anda hiegenis agar tidak terjadi iritasi dan masalah kulit lainnya. 

Mencukur-Jenggot-2.jpg

4. Cukur searah tumbuhnya rambut

Lakukan pencukuran menggunakai pisau cukur searah tumbuhnya rambut. Cara ini akan meminimalisir risiko iritasi atau ingrown hari setelah bercukur. 

5. Jangan buru-buru

Mencukur kumis dan jenggot harus berhati-hati. Jangan terburu-buru ya, karena bisa melukai wajah. Terlebih jika ada jerawat. Lalu segera bilas wajah Anda, terutama di bagian kumis dan jenggot. Sebaiknya gunakan air dingin untuk membilasnya, supaya pori-pori kembali tertutup. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES