Peristiwa Internasional

Diikuti 193 Negara, GPDRR 2022 digelar Mulai Besok di Nusa Dua Bali

Selasa, 24 Mei 2022 - 08:27 | 40.24k
Logo Global Platform 2022 yang ada di Nusa Dua Hall BNDCC, Bali. (FOTO: Instagram BNPB) Foto B: Menko PMK Muhadjir Effendy. (FOTO: dok. Kemenko PMK)
Logo Global Platform 2022 yang ada di Nusa Dua Hall BNDCC, Bali. (FOTO: Instagram BNPB) Foto B: Menko PMK Muhadjir Effendy. (FOTO: dok. Kemenko PMK)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) tahun 2022 adalah momentum untuk memperkuat pengurangan risiko dan penanggulangan bencana. 

Kegiatan GPDRR tahun 2022 yang akan digelar di Nusa Dua Hall BNDCC, Bali mulai Rabu (25/5/2022) hingga Jumat (27/5/2022) ini akan diikuti oleh 4.091 delegasi dari 193 negara dimana 3.001 delegasi akan hadir secara langsung dan 1.096 delegasi melalui platform online.

“Dengan dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah forum internasional ini, menjadi momentum untuk memperkuat mitigasi, praktik baik pengurangan resiko bencana, termasuk penanggulangan bencana secara global dan nasional,“ kata Menko Muhadjir dikutip dalam keterangannya pada Selasa (24/5/2022).

Global-Platform-2022-c.jpg

Menko Muhadjir menjelaskan forum ini akan membahas banyak hal terkait topik penting di antaranya adalah tata kelola risiko bencana, investasi risiko bencana, dan pemulihan pasca pandemi. Termasuk beberapa target yang akan dicapai selama pagelaran global ini mulai dari recovery pasca pandemi hingga meningkatkan kesadaran publik terkait pengurangan dan penanggulangan risiko bencana.

“Target pertama lebih ke pemulihan pasca Covid-19, target kedua meningkatkan kesadaran publik dalam penanggulangan bencana, target ketiga melibatkan elemen penting pentahelix dalam pengurangan risiko bencana, dan target keempat menunjukkan praktik baik yang sudah Indonesia lakukan," jelasnya.

Menko Muhadjir Effendy mengungkapkan, sebelum kegiatan Forum GPDRR tersebut dimulai nantinya akan ada penanaman sepuluh juta pohon pada 34 provinsi di Indonesia. Kegiatan tersebut sebagai wujud aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental mendukung Forum GPDRR sebagai upaya pengurangan risiko dan penanggulangan bencana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES