Indonesia Positif

Cegah PMK, Polres Tegal Kota Ingatkan Peternak Sapi Tingkatkan Kewaspadaan

Senin, 23 Mei 2022 - 20:12 | 34.76k
Aiptu Casmudin, Bhabinkamtibmas Debong Tengah saat lakukan pemantauan peternak sapi, (FOTO: Humas Polres Tegal For TIMES Indonesia)
Aiptu Casmudin, Bhabinkamtibmas Debong Tengah saat lakukan pemantauan peternak sapi, (FOTO: Humas Polres Tegal For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGALPolres Tegal Kota beserta jajarannya tak berhenti memberikan sosialisasi terhadap peternak sapi dalam mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak.

Bahkan, Senin 23 Mei 2022, pemantauan dilakukan oleh para Babhinkamtibmas di wilayah binaan, yang warganya memelihara hewan ternak sapi bersinergi dengan Dinas Kesehatan Pertanian dan Peternakan.

Kapolres Tegal Kota melalui Kapolsek Tegal Selatan AKP Sehroni, S.H, menyampaikan, bahwa dengan adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi, pihaknya melakukan langkah pemantauan dan pengawasan.

lakukan-pemantauan-peternak-sapi-2.jpg

Kegiatan ini dilakukan di sejumlah peternakan sapi yang ada di wilayah Kecamatan Tegal Selatan dengan memberdayakan para Bhabinkamtibmas bersinergi dengan petugas dari dinas kesehatan, pertanian dan peternakan.

“Kami terjunkan Bhabinkamtibmas untuk menyambangi para peternak baik sapi maupun hewan ternak yang lain, tentunya bersinergi bersama instansi terkait," ungkap Kapolsek.

Kami mengimbau kepada para peternak sapi untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan pakan ternak, agar terhindar dari penyakit, terutama penyakit mulut dan kuku.

Kapolsek berharap para peternak sapi mewaspadai terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak peliharaannya.

"Diharapkan para peternak selalu berkoordinasi, apabila ternaknya terjangkit penyakit mulut dan kuku segera memberitahukan kepada perangkat desa untuk diteruskan kepada instansi terkait agar tidak menyebar ke hewan yang lain,"punkasnya.

Sementara dari hasil pemeriksaan PMK hewan ternak sapi oleh Tim gabungan dari Polres Tegal Kota bersama Dinas Kesehatan Pertanian dan Peternakan diperoleh bahwa sapi ternak milik para warga Kota Tegal dinyatakan sehat. Sedangkan hanya 3 ekor sapi dinyatakan kurang sehat, namun demikian untuk mengetahui hasil pemeriksaan masih menunggu dari Dinas Kesehatan Peternakan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES