Peristiwa Nasional

Sekjen Kemendagri RI: Hakikat Peran Pemerintah adalah Pelayan Masyarakat

Senin, 23 Mei 2022 - 16:48 | 47.65k
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro. (FOTO: Dok. Kementerian Dalam Negeri for TIMES Indonesia)
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro. (FOTO: Dok. Kementerian Dalam Negeri for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri RI) Suhajar Diantoro menekankan, hakikat pemerintah merupakan pelayan masyarakat.

Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), para pejabat yang dipilih masyarakat, serta jajaran perangkat pemerintah disebut memiliki peran dalam melayani rakyat.

Kata dia, pola relasi antara pemerintah dengan masyarakat telah berubah. Di era sekarang, pemerintah bertugas memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat.

"Pola relasi antara pemerintah dengan rakyat yang diperintah sesungguhnya terus mengalami dinamika perkembangan," ucapnya, Senin (23/5/2022).

Hal ini juga sejalan dengan sikap dan nilai yang dicontohkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong segenap aparat pemerintah senantiasa melayani masyarakat.

"Walaupun kita selalu menyebut diri kita adalah pemerintah, pemerintah provinsi, kabupaten, dan sebagainya, tetapi sesungguhnya makna jati diri kita adalah pelayan masyarakat," jelasnya.

Di masa silam, imbuh Suhajar, relasi pemerintah dengan rakyat cenderung menempatkan rakyat di bawah. Namun sekarang telah berubah secara ekstrem dan menjadikan rakyat di posisi atas sebagai pihak yang dilayani.

"Hal ini diyakini tidak lepas dari kesadaran masyarakat terhadap peran pemerintah," beber Sekjen Kemendagri RI Suhajar Diantoro menekankan hakikat pemerintah merupakan pelayan masyarakat.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES