Indonesia Positif

Perkuat Sistem, Dinsos Kota Pagaralam Luncurkan PUSKESOS

Senin, 23 Mei 2022 - 13:06 | 21.58k
Asisten I Dahnial Nasution meninjau langsung layanan PUSKESOS dan Pelayanan Sosial Terintegrasi, yang diluncurkan Dinsos Kota Pagaralam.  (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)
Asisten I Dahnial Nasution meninjau langsung layanan PUSKESOS dan Pelayanan Sosial Terintegrasi, yang diluncurkan Dinsos Kota Pagaralam. (Foto: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Mengintegrasikan data penerima bantuan, agar masyarakat yang benar-benar layak menerima bantuan, bisa menikmati bantuan tepat sasaran, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pagaralam luncurkan program Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS) dan Pelayanan Sosial Terintegrasi.

“Dinsos merupakan pusat data sosial, akan tetapi yang menggunakan data itu juga cukup banyak, berbagai lapisan seluruh sektor, begitu juga bila ada menyangkut Penyakit Masyarakat (Pekat), terdapat pula keterlibatan Dinsos, Sat Pol PP dan lainnya,” demikian dikatakan Asisten I Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Dahnial Nasution, Senin (23/5/2022).

Dahnial menambahkan, secara global saat ini masih dihadapi pandemi Covid-19, sehingga mempengaruhi banyak hal ekonomi, sosial dan budaya, dalam kondisi seperti ini, haruslah dapat diatasi dengan memperkuat sistem, yang dapat menjangkau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial (PSKS) di Kota Pagaralam.

“Karena itu, menjadi kewajiban kita pemerintah daerah Kota Pagaralam, untuk dapat ikut membangun Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT), sesuai dengan arahan Kemensos RI sebagai sebuah sistem layanan satu pintu, dalam menghubungkan dan memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanan perlindungan sosial, serta penanggulangan kemiskinan dan lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Pagaralam Drs Agus Akhmad menuturkan, tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan PUSKESOS dan Pelayanan Sosial Terintegrasi, yakni meningkatnya integrasi berbagai layanan sosial di daerah, sehingga fungsi layanan tersebut lebih responsif, serta meningkatnya kapasitas Pemerintah Daerah (Pemda), dalam mendukung pelaksanaan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), secara dinamis dan berkala serta pemanfaatannya, untuk program-program perlindungan sosial di daerah.

“Pada program ini, ada 2 Kelurahan dari 2 Kecamatan yang menjadi pilot project, yaitu Kelurahan Tebat Giri Indah, Kecamatan Pagaralam Selatan dan Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara. Kami berharap Pemkot Pagaralam, berkenan memberikan dukungan lebih lanjut untuk mengembangkan PUSKESOS ke seluruh Kelurahan dalam wilayah Kota Pagaralam,” harapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES