Kuliner

Es Sereh Telang Lemon, Menu Sehat ala Backyard Cafe

Minggu, 22 Mei 2022 - 23:14 | 229.27k
Es Sereh Telang Lemon, menu baru dari Backyard Cafe yang kaya akan manfaat siap dilaunching pekan depan (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)
Es Sereh Telang Lemon, menu baru dari Backyard Cafe yang kaya akan manfaat siap dilaunching pekan depan (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Menu herbal yang menyehatkan ditawarkan Backyard Cafe sebagai varian baru. Selain menyediakan beberapa bahan organik, kafe yang terletak di lingkungan Sukarame Kelurahan Mekarsari Kecamatan Banjar Kota Banjar Jawa Barat ini juga selalu menyuguhkan menu dari herbal yang inovatif.

Menu baru yang saat ini sedang dipersiapkan untuk di launching pekan depan adalah sejenis minuman sehat yang memiliki khasiat dan kaya akan manfaat.

Es Sereh Telang Lemon merupakan minuman herbal yang terdiri dari paduan bunga Telang, sereh dan lemon. Saat dicampurkan, warna biru dari bunga Telang akan berubah menjadi warna ungu cantik.

Alik-memperlihatkan-minuman-dalam-kemasan-yang-diproduksi-kelompok-binaannya.jpgAlik memperlihatkan minuman dalam kemasan yang diproduksi kelompok binaannya (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

Seperti warnanya yang cantik, minuman ini juga memiliki kandungan oksidan yang banyak. Ini disampaikan Alik Sutaryat, sang pemilik Cafe yang juga merupakan seorang konsultan pertanian sehat, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Menurutnya, hampir semua tanaman memiliki khasiat yang bisa memperbaiki saraf pusat dan menghindari stres serta menghindari radikal bebas.

"Nah, Telang, Sereh dan Lemon itu punya kesamaan dalam kandungan oksidannya yang sangat diperlukan untuk detoksifikasi dalam tubuh kita dan bagaimana membersihkan racun dalam tubuh sehingga ketahanan dalam tubuh kita bisa stabil," paparnya.

Dalam 3 senyawa tersebut, terdapat seretonin atau kenyamanan hati dari bunga Telang yang juga berkhasiat untuk mengatasi kolesterol, diabetes dan pencernaan.

 "Yang lebih penting dalam bunga Telang itu yaitu kulmunari artinya ketika jantung berdetak paru-paru tidak sesak ditambah sereh dan lemon yang lebih bagus lagi dan minuman ini sangat bermanfaat bagi lansia atau orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi," urai Alik.

Bunga Telang juga rupanya bermanfaat bagi yang daya ingatnya sudah menurun selain bisa berfungsi sebagai anti depresan karena bisa menenangkan.

Atas banyaknya manfaat, Alik berujar pihaknya sedang menyiapkan ramuan tersebut sebagai menu baru yang bisa ditemukan di Backyard Cafe.

 "Kami berharap nantinya Backyard Cafe ini bukan hanya sekedar Cafe melainkan tempat nongkrong yang edukatif terhadap ilmu herbal maupun pertanian sehat, ramah lingkungan dan berkelanjutan," lanjutnya.

Cafe yang dilengkapi beberapa kamar sebagai homestay ini sering menerima kunjungan dari berbagai daerah di Indonesia yang ingin mempelajari pertanian maupun herbal. 

Biasanya, kata Alik menambahkan, beberapa kelompok tersebut mempelajari ilmu yang diberikannya sekitar 10 hari.

 "Rencananya bulan Juni nanti akan datang juga dari Aceh dan Blora ya, sebelumnya juga datang dari para petani Ngawi untuk mengatasi hama tikus yang merusak lahan sawah mereka," jabarnya.

Selain bisa menikmati secangkir kopi dan camilan enaknya, para pengunjung Backyard Cafe bisa menambah wawasan terkait dunia herbal dan pertanian organik yang digeluti Alik ini. Jika anda tertarik, bisa langsung berkunjung ke Backyard Cafe untuk bertemu sang owner. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES