Peristiwa Daerah

Mafindo Malang Ajak Lansia Kenali Hoaks

Minggu, 22 Mei 2022 - 20:44 | 34.82k
Kegiatan Tular Nalar Lansia yang digelar Mafindo Malang. (Foto: Dok Mafindo Malang)
Kegiatan Tular Nalar Lansia yang digelar Mafindo Malang. (Foto: Dok Mafindo Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) bersama Google.org menggelar Program Tular Nalar bagi Lansia, di wilayah Malang, Minggu (22/5/2022). Kegiatan Tular Nalar Lansia yang berlangsung di Hotel Riche Malang, mendapatkan antusias tinggi dari masyarakat usia lansia.

Koordinator Mafindo Malang, Anandito Bhirowo menyampaikan  alam peta sasaran literasi digital, warga lansia tergolong dalam kelompok rentan digital. Mereka menghadapi permasalahan literasi digital yang serius, namun tidak punya kapasitas untuk melindungi diri dari problem tersebut.

Anandito menambahkan ada tiga pokok persoalan yang terjadi akibat minimnya kapasitas literasi digital di tengah lansia. Pertama, persoalan keterbatasan ketersediaan maupun kemampuan mengakses perangkat digital.

Mafindo-Malang-2.jpg

Kedua, persoalan kognisi dan informasi literasi yang kerap menjebak lansia pada hoaks dan informasi yang tidak jelas kebenarannya. Ketiga, persoalan perlindungan data/privasi yang menjadikan lansia sebagai target kejahatan online seperti penipuan di ruang digital.

"Gerakan literasi digital Tular Nalar Lansia ini hadir untuk  melindungi warga lansia dari permasalahan digital kian mendesak," kata Anandito.

Anandito menambahkan progam ini terfokus dalam membangun kesadaran terhadap isu. Khususnya tentang literasi digital bagi warga lansia. Selain itu juga mengajak semua kelompok masyarakat berperan aktif dalam mengedukasi kelompok lansia.

Mafindo-Malang-3.jpg

"Kami buat bisa membantu dan meningkatkan kapasitas literasi digital warga lansia agar cakap di dunia digital,” kata Anandito.

Sementara itu, salah satu peserta Tular Nalar Lansia, Tria mengapresiasi kegiatan yang digelar Mafindo Malang. Menurutnya, kegiatan ini memberikan pengetahuan terbaru tentang cara mengenali hoaks, penipuan online, dan hasutan kebencian.

"Kegiatan ini sangat informatif, dan sangat membantu kami dalam mengenali informasi hoaks," kata Tris.

Kegiatan Tular Nalar Lansia yang digelar Mafindo Malang ini berlangsung secara hybird selama dua periode yakni offline pada 22 Mei 2022 dan online pada 29 Mei 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES