Peristiwa Nasional

Mengenang Achmad Yurianto, Doni Monardo: Pahlawan Penanganan Covid-19

Minggu, 22 Mei 2022 - 09:31 | 34.34k
Mantan Kepala BNPB, Doni Monardo. (Foto: Dok. Humas BNPB)
Mantan Kepala BNPB, Doni Monardo. (Foto: Dok. Humas BNPB)

TIMESINDONESIA, MALANG – Duka mendalam dirasakan oleh banyak kalangan atas kepergian Mantan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto. Salah satunya, yakni Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan Jenderal (Purn) Doni Monardo yang ikut berduka atas kepergian sang tokoh.

Dikatakan Doni, Yurianto sebenarnya adalah sosok pahlawan dalam mengatasi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia yang menyebar sejak awal 2020 lalu.

"Karena pak Yuri lah semua masyarakat Indonesia tahu tentang Covid-19, tahu bagaimana bahayanya, bagaimana mitigasinya," ujar Doni, Minggu (22/5/2022).

Diketahui, Achmad Yurianto dinyatakan meninggal dunia pada pukul 18.50 WIB di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang pada Sabtu (21/5/2022) kemarin malam.

Setelah itu, jenazah pun disemayamkan di rumah dukanya, yakni di Jalan Ir Soekarno, Kota Batu. Kedatangan mobil ambulance RSSA Malang pun disambut oleh keluarga sekitar pukul 21.20 WIB.

Selanjutnya, Doni mengungkapkan bahwa Yurianto ini sangat berperan penting pada awal penyebaran Covid-19. Sebab, menurutnya Yurianto menjadi sumber berita dan literasi atas pengetahuan tentang Covid-19 dan mitigasinya.

"Apa yang disampaikan pak Yuri ini literasi untuk bangsa Indonesia. Pahlawan Covid-19, kita semua kehilangan, kita semua berduka," ungkapnya.

Sebagai informasi, Yurianto sebelum tiba di Malang sempat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Ia menjalani perawatan terkait sakit yang dideritanya, yakni kanker usus.

Setelah itu, Achmad Yurianto kembali ke kampung halaman, yakni Malang untuk menjalani perawatan lanjutan dan dinyatakan meninggal dunia dan dimakamkan pada Minggu (22/5/2022) ini di TPU Kelurahan Dadaprejo Kota Batu. "Kita semua sangat kehilangan. Beliau orang yang berjasa kepda bangsa, negara dan rakyat Indonesia," ucap Doni Monardo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES