Kuliner

Majukan Kuliner Nusantara, Majalengka Exotic Food Menumbuhkan Pelaku Usaha Kuliner Berjati Diri

Sabtu, 21 Mei 2022 - 22:45 | 65.85k
Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro kuliner asal Kabupaten Majalengka. (FOTO: Majalengka Exotic Food for TIMES Indonesia)
Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro kuliner asal Kabupaten Majalengka. (FOTO: Majalengka Exotic Food for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Kekayaan kuliner Nusantara tidak bisa diragukan lagi. Saking kayanya, setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas makanan yang berbeda dan unik. Salah satunya di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Mulai dari kejayaan masa lalu, harmonisasi sosial, ekologi hingga perubahan dalam masyarakat. Bahkan, dari semangkuk makanan kita dapat menunjukan identitas budaya.

Begitu besarnya pengaruh makanan sehingga memperkaya jati diri Bangsa Indonesia. Terangkum dalam kuliner nusantara, generasi demi generasi secara tidak langsung diharapkan dapat terus melestarikannya.

Majalengka-Exotic-Food-2.jpg

Hal inilah salah satu yang menjadi dasar hadirnya Event Majalengka Exotic Food yang merupakan wadah pengembangan kuliner 'Kreatifpreneur' yang mengedepankan makanan/minuman khas Majalengka, Jawa Barat.

Ketua panitia Majalengka Exotic Food, Indra Subarsyah mengatakan, Majalengka Exotic Food juga hadir dalam rangka memberikan sumbangsih terhadap kekayaan khasanah kuliner Nusantara serta menumbuhkan pelaku usaha kuliner Majalengka yang berjati diri.

Sehingga event tahunan di Majalengka yang digagas oleh Kiwari Production tersebut, juga sekaligus diharapkan para pelaku kuliner dapat terpacu untuk meningkatkan kreativitas, mutu dan kuantitas produksi.

Dengan begitu, kata dia, dapat lebih membuka peluang masyarakat Kabupaten Majalengka untuk memasarkan hasil produksinya. Baik di lokal maupun di luar Kabupaten Majalengka.

"Melalui event Majalengka Exotic Food, ada beberapa konten yang digelar untuk membantu mengembangkan potensi wisata kuliner di wilayah Kabupaten Majalengka," ungkap Indra Subarsyah kepada TIMES Indonesia, Sabtu (21/5/2022).

Menurut dia, konten tersebut, diantaranya menggelar produk kuliner hasil olahan para pelaku kuliner di Majalengka dan workshop serta talkshow seputar kuliner.

Majalengka-Exotic-Food-3.jpg

Selanjutnya, lomba para pelaku kuliner dalam mengembangkan kreatifitasnya dan seni pertunjukan sebagai konten pendukung untuk menyemarakan event Majalengka Exotic Food.

Majalengka Exotic Food sendiri, kata Indra, pertama kali diadakan pada tahun 2020 yang berkolaborasi dengan TP PKK dan Disparbud Kabupaten Majalengka.

"Sementara, pada tahun 2021-2022. Kita menyelenggarakan kompetisi kuliner skala lokal hingga turut berpartisipasi ke tingkat nasional bersama enam kabupaten/kota lainnya yang berkolaborasi dengan Gerakan Locals Unite bersama Tehbotol Sosro," ucapnya. 

Indra menjelaskan, ke-enam kota tersebut, yakni Malang, Solo, Yogyakarta, Majalengka, Palembang, dan Pontianak. Selama lima bulan sejak Juni hingga November 2021. Lomba tersebut menjaring 497 peserta dari enam kota yang menghasilkan 600 kreasi resep asli daerah.

"PT Sinar Sosro atau Tehbotol Sosro pada Sabtu 14 Mei 2022 telah mengumumkan pemenang utama kompetisi bertajuk "Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah" tingkat nasional," imbuhnya.

Adapun tiga pemenang nasional tersebut, peserta kuliner Kabupaten Majalengka meraih juara tiga. Adapun menu yang dilombakan oleh Imma Tresna Mahasari yakni, Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro.

Sedangkan, juara kedua diraih oleh Renata Zoraifi dari Solo dengan menu Creamy Tehbotol Sosro (CreaTos). Sementara Yunita Rahma Sari atau Cik Ari dari Palembang sebagai juara pertama yang membawa kreasi menu Pindang Deleg Sosro Anti Galau.

Sementara itu, Imma Tresna Mahasari peserta kuliner asal Kabupaten Majalengka yang meraih juara Tiga menambahkan, bahwa menu yang dilombakan dirinya adalah Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro.

Menurut dia, Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro mempunyai filosofi tersendiri. Yaitu, karena Majalengka adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka komoditi khas unggulan. Diantaranya mangga gedong gincu.

"Selain itu, terdapat juga salah satu motif batik khas Kabupaten Majalengka yang dikreasikan dengan tema gedong gincu. Maka dengan bekal dasar ini, kita mencoba membuat bolu gulung batik gedong gincu dan mengkolaborasikannya dengan Tehbotol Sosro," Jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES