Olahraga

Begini Kemeriahan Latihan Surfing yang Digelar di Pulau Merah Banyuwangi

Sabtu, 21 Mei 2022 - 21:49 | 72.64k
Pelatihan Surfing di Pulau Merah Banyuwangi (Foto: Imam Hamdani/TIMES Indonesia)
Pelatihan Surfing di Pulau Merah Banyuwangi (Foto: Imam Hamdani/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGILatihan surfing kilat yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Banyuwangi, di Pulau Merah, berlangsung meriah.

Puluhan peserta nampak antusias mengikuti materi olahraga air ini. Berbagai teknik pun diajarkan, mulai teknik dasar berenang, teknik menggunakan papan selancar hingga teknik menguasai air saat terjadi Insiden.

Pelatihan-Surfing-2.jpg

Salah satu peserta yang mengikuti latihan surfing kilat tersebut adalah Gilang Adi Saputra. Siswa SMPN 1 Siliragung itu mengaku penasaran dengan surfing.

"Saya penasaran bagaimana rasanya naik di atas papan selancar. Kayaknya asyik banget," kata Gilang kepada TIMES Indonesia, Sabtu (21/5/2022).

Gilang mengaku baru pertama kali pengalaman naik papan selancar. Meski baru pertama, akan tetapi dia mantap ingin mencoba belajar.

“Ini pengalaman pertama saya berselancar. Rasanya senang bisa berdiri di atas papan itu,” ujar Gilang.

Ternyata, tak butuh waktu lama bagi Gilang untuk belajar. Peserta Coaching Clinic Surfing tersebut, langsung berhasil berdiri di atas papan selancar dengan beberapa kali percobaan.

"Rasanya mendebarkan, tapi asyik," katanya.

Instruktur Surfing, Suyitno mengungkapkan, tidak butuh waktu lama bagi siapa saja untuk belajar selancar. Karena olahraga air ini dapat dipelajari dengan mudah.

Pelatihan-Surfing-3.jpg

“Yang penting kunci pertama adalah bisa berenang. Baru kemudian menyesuaikan untuk menjaga kesimbangan tubuh di atas papan. Dan Surfing butuh konsentrasi serta kepercayaan diri,” ungkap Suyitno.

Selama proses pembekalan materi, instruktur memberikan banyak pengetahuan. Seperti ‘paddle’ mengayuh, menjaga keseimbangan tubuh, hingga berdiri di atas papan selancar.

Sementara itu Ketua PSOI Banyuwangi, Zaenul Arifin, mengatakan, para peserta yang mengikuti Coaching Clinic Surfing berasal dari berbagai komunitas pemuda dan sosial.

"Juga dari unsur pelajar SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa. Mereka begitu bersemangat mengikuti latihan," ujar Zaenul Arifin.

"Jadi setelah diberikan teori oleh para instruktur, mereka langsung praktek," tandas Zaenul Arifin.

Sebagai informasi, pelatihan surfing tersebut digelar dalam rangka menyambut pra pelaksanaan event surfing dunia, World Surf League (WSL) Championship Tour, yang di gelar di Pantai Pelengkung (G-Land) pada 27 Mei- 6 Juni 2022 mendatang.

Pelatihan bertajuk 'Coaching Clinic Surfing' itu melibatkan sejumlah organisasi yang dikelola oleh peselancar lokal, berskala internasional. Diantaranya PMBR Surf School, Febri Surf School, PM Boys Surf School dan Pulau Merah Surfing. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES