Peristiwa Nasional

Petugas Gelar Gladi Praktik Pelayanan CJH Indonesia Saat Menuju Armuzna

Sabtu, 21 Mei 2022 - 16:15 | 33.56k
Petugas Penyelanggara Haji Indonesia (PPIH) untuk Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) menggelar gladi praktik melayani jemaah haji yang akan melaksanakan tahapan ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina. (foto: dok Kemenag RI)
Petugas Penyelanggara Haji Indonesia (PPIH) untuk Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) menggelar gladi praktik melayani jemaah haji yang akan melaksanakan tahapan ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina. (foto: dok Kemenag RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seluruh Petugas Penyelanggara Haji Indonesia (PPIH) untuk Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) menggelar gladi praktik melayani jemaah haji yang akan melaksanakan tahapan ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina. 

Semua petugas melakukan perannya masing-masing. Mulai dari tim kesehatan hingga Media Center Haji. Gladi pertama dilakukan di Arafah. 

Para petugas terus siaga untuk sigap melayani jemaah dengan ramah, jika terdapat jemaah yang bermasalah dalam beberapa hal. Seperti kondisi badan kurang sehat dan kendala lainnya. 

Petugas-Penyelanggara-Haji-Indonesia-b.jpg

Menurut Kepala Sub Direktorat Bina Petugas Haji Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Suvianto, calon jemaah haji Indonesia diminta untuk memperhatikan kesehatan saat pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2022.

Diketahui, puncak haji diperkirakan akan terjadi pada Juli 2022. Pada periode tersebut, suhu di Arab Saudi diperkirakan mencapai 48-49 derajat celcius.

"Waktu puncak haji tahun lalu itu 48-49 derajat celcius. Kemungkinan tahun ini sama," jelas Suviyanto, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (21/5/2022).

Petugas-Penyelanggara-Haji-Indonesia-c.jpg

Sementara itu, edukasi lain yang harus diperhatikan oleh jemaah haji dalam melaksanakan ibadah haji, harus betul-betul menjaga kondisi kesehatan dengan mengonsumsi jatah makan, yang diterima selama berada di Arafah.

Jika bisa mengutamakan ibadah dengan memperbanyak bacaan talbiyah, dzikir dan doa. Jemaah siap mengantri dengan sabar saat menggunakan fasilitas kamar mandi atau WC yang sangat terbatas.

Bagi jemaah haji perempuan diharapkan untuk selalu menjaga tertutupnya aurat ketika di kemah dan keluar masuk kamar mandi karena jemaah sedang dalam keadaan ihram. 

"Jangan lupa untuk menghubungi petugas bila menemui masalah mengenai ibadah dan kesehatan. Menghubungi tim kesehatan dengan segera bila merasa sakit. Tim petugas selalu siap melayani para jemaah haji Indonesia, terutama saat di Armuzna," tegas Suviyanto.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES