Kuliner

Bolu Batik Ginding Asal Majalengka Raih Juara Lomba Kreasi Kuliner

Sabtu, 21 Mei 2022 - 14:06 | 72.12k
Imma Tresna Mahasari peserta kuliner asal Kabupaten Majalengka memperlihatkan bolu batik ginding. (FOTO: Majalengka Exotic Food  for TIMES Indonesia)
Imma Tresna Mahasari peserta kuliner asal Kabupaten Majalengka memperlihatkan bolu batik ginding. (FOTO: Majalengka Exotic Food for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Kreasi bisa tercipta tanpa batas. Siapa sangka bila minuman teh manis dalam kemasan bisa berpadu apik dengan kuliner daerah yang gurih. Itulah yang tergambar dari beragam menu para pemenang Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Daerah karya UMKM bersama Tehbotol Sosro.

Adapun tiga pemenang nasional tersebut. Salah satunya dari Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, dengan menyabet peringkat tiga yang diraih oleh Imma Tresna Mahasari, dengan menu Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro.

Sedangkan untuk peringkat dua, diraih Renata Zoraifi dari Solo dengan menu Creamy Tehbotol Sosro (CreaTos). Dan Yunita Rahma Sari atau Cik Ari dari Palembang sebagai juara pertama yang membawa kreasi menu Pindang Deleg Sosro Anti Galau.

Imma-Tresna-Mahasari-b.jpg

Ketiga pemenang terpilih dalam proses penjurian yang dilakukan pada Sabtu 14 Mei 2022 oleh tiga dewan juri, yaitu Denta Anggakusuma sebagai perwakilan dari produsen Tehbotol Sosro.

Selanjutnya, Chef Dade Akbar sebagai pakar kuliner kreatif, serta Pendiri M Bloc Group Handoko Hendroyona sebagai perwakilan dari pelaku industri kreatif.

Sebelumnya kompetisi tersebut, digelar di Enam kota, yakni Malang, Solo, Yogyakarta, Majalengka, Palembang, dan Pontianak selama lima bulan sejak Juni hingga November 2021.

Lomba tersebut menjaring 497 peserta dari enam kota yang menghasilkan 600 kreasi resep asli daerah.

Imma Tresna Mahasari peserta kuliner asal Kabupaten Majalengka yang meraih peringkat tiga mengatakan, Bolu Batik Ginding Tehbotol Sosro mempunyai filosofi tersendiri. Yaitu, karena Majalengka adalah salah satu daerah yang memiliki beraneka komoditi khas unggulan. Diantaranya mangga gedong gincu.

"Selain itu, terdapat juga salah satu motif batik khas Majalengka yang dikreasikan dengan tema gedong gincu. Maka dengan bekal dasar ini, kita mencoba membuat bolu gulung batik gedong gincu dan mengkolaborasikannya dengan Tehbotol Sosro," ungkap kepada TIMES Indonesia, Sabtu (21/5/2022).

Imma-Tresna-Mahasari-c.jpg

Sementara itu, General Manager PT Sinar Sosro Denta Anggakusuma berharap kompetisi kreasi kuliner ini dapat memberikan energi positif untuk kebangkitan UMKM yang menjadi salah satu penopang perekonomian nasional.

"Melalui kompetisi yang menjadi bagian dari gerakan #LocalsUnite ini, Denta optimis UMKM dapat bertumbuh di masa pasca pandemi seperti sekarang ini," katanya.

Denta menambahkan, Tehbotol sebagai merek asli Indonesia terus berupaya mendampingi dan meningkatkan kreativitas dari teman-teman UMKM yang punya merek lokal agar menjadi lebih baik lagi. Bahkan bagi rekan-rekan semuanya untuk jadi inspirasi ke depannya

"Untuk pemenang selain mendapatkan total hadiah Rp 100 juta. Juga akan memperoleh pembinaan dan pendampingan berkelanjutan dari Tehbotol Sosro," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES