Pendidikan

Nadiem Belum Konfirmasi, Mahfud MD dan Muhadjir Effendy Pastikan Hadiri Pilrek UB 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 - 12:36 | 87.50k
Tiga calon Rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027 yang akan dipilih oleh MWA. (Foto: Istimewa)
Tiga calon Rektor Universitas Brawijaya (UB) periode 2022-2027 yang akan dipilih oleh MWA. (Foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Makarim belum memastikan kehadirannya dalam Pemilihan Rektor Universitas Brawijaya (Pilrek UB). Sedangkan Menkopolhukam RI Mahfud MD dan Menko PMK RI Muhadjir Effendy dipastikan hadir secara langsung untuk memilih Rektor UB 2022-2027.

Tiga tokoh tersebut di atas merupakan pemilik suara dalam pemilihan Rektor Universitas Brawijaya. Ada 17 orang dalam Majelis Wali Amanat (MWA) yang akan memberikan suaranya kepada tiga calon Rektor UB Periode 2022-2027.

Kepastian hadirnya tiga tokoh dalam kabinet Jokowi ini disampaikan oleh Ketua Senat Akademik Universitas Brawijaya Prof Arifin menjelang pelaksanaan pemilihan tahap akhir yang akan dilaksanakan pada Sabtu (21/5/2022) di Gedung Rektorat UB.

"Yang sudah konfirmasi hadir Prof Muhadjir, dan Prof Mahfud. Pak Nadiem sampai detik ini belum ada informasi tapi yang pasti wakil dari Kemendikbud pasti ada," kata Arifin saat dikonfirmasi TIMES Indonesia.

Arifin menjelaskan sidang pleno pemilihan Rektor UB akan berlangsung tertutup. Termasuk awak media tidak diperkenankan masuk ruangan. Pihak panitia menyediakan waktu khusus untuk Press Conference usai acara selesai.

Pada pemilihan Rektor UB Periode 2022-2027 kali ini, ada tiga calon yang bakal dipilih langsung oleh MWA. Mereka adalah Prof Imam Santoso (Dekan FTP), Prof Unti Ludigdo (Dekan Fakultas Vokasi) dan Prof Widodo (Dekan FMIPA).

Majelis Wali Amanat (MWA) sebagai penentu Rektor UB 2022-2027 berjumlah 17 orang. Mereka adalah Mendikbud-Ristek RI Nadiem Makarim, Menkopolhukam Mahfud MD, Menko PMK RI Muhadjir Effendy. Sisanya adalah unsur dari Universitas Brawijaya.

Selanjutnya adalah Rektor UB Nuhfil Hanani, Arifin, Muhammad Zaenal Fattah dan Ahmad Erani Yustika. Selanjutnya ada Iwan Triyuwono, Djalal Rosyidi, Mohammad Saifur Rohman, Simon B.Widjanarko, Agus Suryono, Thohir Luth, Muhaimin Rifa’i, Andi Kurniawan, Heri Prawoto Widodo dan Moh Alie Yafi.

Mendikbud Ristek RI Nadiem Makarim memiliki 35 persen suara di Pilrek UB sedangkan sisanya dibagi 16 orang anggota MWA, termasuk Mahfud MD dan Muhadjir Effendy. Pemilihan Rektor UB Periode 2022-2027 berlangsung tertutup dan dengan cara pemungutan suara secara langsung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES