Pemerintahan

Demi Dilantik dan Dikukuhkan, 241 PNS Pemkab Pulau Morotai Rela Menanti Hingga Lapar

Sabtu, 21 Mei 2022 - 12:31 | 78.04k
Suasana Pelantikan dan Pengukuhan 241 PNS di lingkup Pemkab Pulau Morotai oleh Sekda M Umar Ali dan Bupati Benny Laos. Sabtu malam, 20 Mei 2022. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia).
Suasana Pelantikan dan Pengukuhan 241 PNS di lingkup Pemkab Pulau Morotai oleh Sekda M Umar Ali dan Bupati Benny Laos. Sabtu malam, 20 Mei 2022. (Foto: Abdul H Husain/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MOROTAI – Pelantikan dan Pengukuhan 241 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawasan yang digelar Pemkab Pulau Morotai mungkin merupakan pelantikan yang memakan waktu terlama di dunia.

Bagaimana tidak, pelantikan yang berlangsung di Gedung Islamic Center (GIC) Kawasan Wisata Religi itu, digelar sejak Jumat (20/5/2022) malam dan baru berakhir pada Sabtu (21/5/2022) dinihari, pada pukul 03.00 WIT.

Pelantikan yang memakan waktu kurang lebih 8 jam ini, disebabkan gladi bersih baru dilakukan saat setiap memasuki waktu pelantikan. Selain itu pengambilan sumpah jabatan yang dibacakan masing masing PNS yang dilantik dibagi dalam jumlah kelompok kecil sehingga memakan waktu lama.

Pemkab-Pulau-Morotai-b.jpg

Selain itu, pelantikan dibagi dalam tiga gelombang, di mana gelombang pertama yang dilantik adalah PNS eselon IV yang menduduki Jabatan Pengawasan. Gelombang kedua PNS eselon III menduki Jabatan Administrator dan gelombang ketiga Pejabat eselon II Tinggi Pratama.

Pelantikan PNS eselon IV sendiri dilakukan Sekda Pulau Morotai M Umar Ali dan pelantikan eselon III dan II diambil oleh Bupati Pulau Morotai Benny Laos. Kondisi tersebut membuat para abdi negara terlihat kecapean karena sejak sore telah berada di GIC.

"Kami dari sore jam 3 sudah berada di Gedung Islamic Center karena, diberitahu pelantikannya sore, padahal molor sampai malam, sangat cape karena sampai malam ini belum makan," ungkap beberapa pejabat yang hendak dilantik.

"Saya dari jam 2 sore sudah berada di Islamic Center, lapar mengintai tapi saya bertahan sampai malam, usai pak Sekda Lantik, saya langsung cepat cepat balik ke rumah makan, lalu balik lagi ke Gedung Islamic Center," ungkap salah satu PNS eselon IV yang telah dilantik.

Pemkab-Pulau-Morotai-c.jpg

"Lebih baik kami tunggu biar lama tidak apa apa, karena ketika tidak hadir dalam pelantikan ini, padahal punya nama yang ditetapkan dalam jabatan maka, dianggap mengundurkan diri," ungkap salah satu pejabat eselon II.

Diketahui, pelantikan dan pengukuhan 241 pejabat tersebut merupakan penetapan hasil asesmen yang dilakukan oleh Pemkab Pulau Morotai pada dua bulan lalu. Dari ratusan PNS tersebut sebagian besar menduduki jabatan semula dan hanya sebagian kecil yang dirolling.

Dari 241 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkungan Pemkab Pulau Morotai yang dilantik itu terbagi dalam pegawai pengawasan eselon IV sebanyak 82 orang, pegawai administrator eselon III sebanyak 131 orang dan pegawai pimpinan tinggi eselon II sebanyak 28 orang.

Pelantikan tersebut tertuang dalam Keputusan Bupati Pulau Morotai nomor :821.22/784.30/KEP.PM/5/2022, nomor: 821.22/784.31/KEP.PM/5/2022 tentang pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi Pratama.

Sementara tentang pengangkatan dalam Jabatan Administrator dan Pengawasan di Pemkab Pulau Morotai tertuang dalam SK Bupati nomor: 821.22/28/KEP.PM/2022 dan nomor: 821.23/29/KEP.PM/2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES