Peristiwa Daerah

Hadiri Pelantikan Dukuh Ambarukmo, Ini Pesan Sekda Sleman

Jumat, 20 Mei 2022 - 14:38 | 50.77k
Suasana pelantikan Dukuh Ambarukmo, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, DIY. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)
Suasana pelantikan Dukuh Ambarukmo, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, DIY. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SLEMAN – Hendi Kurniawan resmi menjabat sebagai Dukuh Ambarukmo, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, DIY. Pelantikan dan pengambilan sumpah dukuh berusia 30 tahun ini dilakukan oleh Lurah Caturtunggal, Agus Santosa S.Psi.

Sebelumnya, Hendi Kurniawan yang merupakan warga asli Caturtunggal aktif sebagai relawan di Kalurahan Caturtunggal. Posisinya tersebut menggantikan dukuh sebelumnya Samsudin yang telah meninggal dunia tiga tahunan lalu. Sepeninggal Samsudin, jabatan dukuh isi oleh pelaksana tugas dukuh Ambarukmo yaitu Pudjo Wiratno.

Kepada Dukuh Ambarukmo, Sekretaris Daerah atau Sekda Sleman Harda Kiswaya SE mengatakan, menyampaikan wilayah Kalurahan Caturtunggal termasuk padukuhan Ambarukmo didalamnya memiliki karakter dan dinamika tersendiri. 

pelantikan-Dukuh-Ambarukmo-2.jpg

Untuk memimpin padukuhan Ambarukmo menjadi lebih baik. Harda meminta dukuh memiliki komitmen yang kuat. Sehingga, dapat mewujudkan padukuhan yang aman, tenteram serta masyarakatnya bisa bekerja dengan baik.

"Pelatikan dukuh ini merupakan salah satu contoh tonggak untuk memimpin atau membangun di wilayah dengan baik. Dengan adanya pemimpin yang definitif ini mudah-mudahan nanti khususnya di Padukuhan Ambarukmo bisa berjalan lebih baik," kata Harda kepada TIMES Indonesia, Jumat (20/5/2022).

Harda berharap, Dukuh Ambarukmo yang barusan dilantik untuk segera menyesuaikan. Belajar berbagai macam ilmu pengetahuan dari berbagai sumber baik belajar pada  pamong Kalurahan atau Kapanewon Depok karena akan dituakan di padukuhan Ambarukmo.

Menurut Harda, dukuh Ambarukmo memiliki potensi berkaitan dengan kekayaan yang menjadi sumber pendapatan Pemkab Sleman seperti Ambarukmo Plaza dan Hotel Ambarukmo. Sehingga, padukuhan ini harus dikondisikan agar tetap aman agar para wisatawan dan warga merasa nyaman ketka berada di wilayah ini.

Karena itu, Harda berpesan supaya dukuh yang baru segera bahu membahu dengan berbagai pihak terkait agar Ambarukmo tetap kondusif. Sebab, di wilayah ini sering terjadi resistensi, baik demo ataupun kenakalan remaja.

Selain itu, Sekda Sleman berharap Dukuh Ambarukmo segera menyesuaikan dalam membantu ketugasan Lurah. Melalui program-program kerja yang terkoordinasi dengan pemerintah kalurahan dan padukuhan (dusun) sebelah dalam menyusun rencana anggaran. Sehingga, tematiknya dalam APBDes Kalurahan Caturtunggal akan terbentuk.

Hal ini merupakan salah satu syarat Program APBDes akan berhasil dengan baik karena antar pedukuhan berkolaborasi dalam menyusun rencana anggaran. Sehingga, realisasinya akan mempercepat pertumbuhan di Kalurahan Caturtunggal.

Usai dilantik, Hendi Kurniawan mengaku akan melanjutkan program yang telah dijalankan oleh Plt atau dukuh-dukuh sebelumnya dan segera menyusun sejumlah rencana kerja.

Ia menegaskan, dengan dukungan seluruh masyarakat dan stake holder terkait. Dirinya yakin wilayah padukuhan Ambarukmo bisa semakin maju dan warganya semakin makmur. Sehingga, menjadi Ambarukmo yang manunggal.

Selain Sekda Sleman Harda Kiswaya, hadir pula para pamong dan elemen masyarakat setempat. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asek II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Sleman Drs. Budiharjo, M. Si, Asek III Bidang Administrasi Umum Drs. Kunto Riyadi, MPPM, Sekretaris BKAD Sleman Abu Bakar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES