Ekonomi

Menkeu RI Targetkan Pengangguran Terbuka Turun 6 Persen Tahun Depan

Jumat, 20 Mei 2022 - 14:13 | 19.53k
Menkeu RI Sri Mulyani. (FOTO: Google Image)
Menkeu RI Sri Mulyani. (FOTO: Google Image)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Keuangan RI (Menkeu RI) Sri Mulyani Indrawati menargetkan tingkat pengangguran terbuka pada tahun depan dapat ditekan dalam kisaran 5,3 hingga 6 persen, rasio gini sekitar 0,375 hingga 0,378 serta Indeks Pembangunan Manusia sekitar 73,31 hingga 73,49.

"Ini akan terwujud seiring seiring adanya transformasi ekonomi dan perbaikan kesejahteraan rakyat," ucapnya dalam Rapat Paripurna DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Selain itu Sri Mulyani juga menargetkan angka kemiskinan di Indonesia dapat turun ke level 7,5 persen sampai 8,5 persen pada tahun depan. Kemudian Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Nelayan (NTN) juga ditingkatkan untuk mencapai kisaran masing-masing 103 sampai 105 dan 106 sampai 107.

Menurut Sri Mulyani, berbagai asumsi tersebut masuk dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiska  Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2023.

Target ini sejalan dengan tema kebijakan fiskal 2023 yang difokuskan pada Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan yang juga selaras dengan tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2023.

Strategi kebijakan fiskal 2023 adalah memfokuskan anggaran untuk penguatan kualitas SDM, akselerasi pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi dan regulasi, revitalisasi industri serta mendorong pembangunan ekonomi hijau.

Selain itu kebijakan juga diarahkan bagi peningkatan efektivitas transformasi ekonomi melalui reformasi fiskal dengan memobilisasi pendapatan untuk pelebaran ruang fiskal.

Pemerintah, menurut Menkeu RI Sri Mulyani turut memperkuat spending better untuk efisiensi dan efektivitas belanja serta mendorong pengembangan pembiayaan yang kreatif dan inovatif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES