Peristiwa Daerah

Sebanyak 1.697 pasangan di Lamongan Menikah di Bulan Syawal

Jumat, 20 Mei 2022 - 12:29 | 34.12k
Salah satu pasangan di Lamongan yang melangsungkan pernikahan. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Salah satu pasangan di Lamongan yang melangsungkan pernikahan. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGANBulan Syawal nampaknya menjadi primadona untuk melangsungkan pernikahan. Hal itu dapat dilihat dari begitu banyaknya pasangan pengantin yang melangsungkan pernikahan di bulan ini.

Berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lamongan, hingga saat ini tercatat sudah ada sebanyak 1.697 pasangan yang melangsungkan pernikahan dan masih berpotensi bertambah, karena Bukan Syawal belum berakhir.

"Jumlah 1.697 itu didapat dari 27 KUA di seluruh Lamongan. Jumlah ini masih belum final, karena masih ada beberapa hari di bulan Syawal, bisa jadi masih ada yang daftar lagi," kata Kasi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kemenag Lamongan, Khoirul Anam, Jumat (20/5/2022).

Sedangkan Kecamatan di Kabupaten Lamongan yang paling banyak melangsungkan pernikahan adalah KUA Kecamatan Babat.

"Terbanyak di Babat dengan 149 pasangan telah melangsungkan pernikahan," tuturnya.

Anam menyebut jumlah pasangan yang melangsungkan pernikahan pada Bulan Syawal tahun ini lebih banyak dibandingkan Bulan Syawal tahun lalu. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah melandainya Covid-19.

"Kearifan lokal dari masyarakat yang menganggap Idul Fitri adalah bulan baik, bisa juga menjadi faktor. Serta angka pandemi Covid-19 yang semakin terkendali juga," ucapnya.

Lebih lanjut Anam menjelaskan, sejak kasus Covid-19 melandai, ada beberapa pelonggaran aturan untuk melangsungkan pernikahan, yang sebelumnya diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kalau sebelumnya ada persyaratan tes swab, maka sekarang hanya dipersyaratkan sudah vaksinasi lengkap," kata Anam, yang juga memperkirakan bahwa longgarnya persyaratan menjadi pertimbangan masyarakat Lamongan untuk melangsungkan pernikahan, khususnya di Bulan Syawal ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES