Peristiwa Nasional

Hadiri Milad ke-105 Aisyiyah, Haedar Nashir Sampaikan Delapan Ciri Perempuan Islam Berkemajuan

Kamis, 19 Mei 2022 - 22:11 | 57.64k
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam acara Milad Aisyiyah ke 105 di Universitas Aisyiyah Yogyakarta. (FOTO: dok. Muhammadiyah)
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam acara Milad Aisyiyah ke 105 di Universitas Aisyiyah Yogyakarta. (FOTO: dok. Muhammadiyah)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir sampaikan delapan ciri perempuan Islam berkemajuan di acara Milad ke 105 Aisyiyah yang diselenggarakan hybrid di Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) pada, Kamis (19/5/2022).

“Satu, berpaham Islam Berkemajuan, yakni menjadikan Islam sebagai agama yang membangun peradaban sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah, Islam yang mencerahkan semesta. Menjadi Al Qur’an dan Sunnah sebagai basic rujukan dengan tetap melakukan ijtihad,“ ucap Haedar dalam sambutannya.

Dua, bercita-cita membangun masyarakat terbaik. Menurutnya, masyarakat terbaik adalah yang memberi kebaikan pada semua, tidak terbatas pada golongan agama, suku, ras dan lainnya.

Haedar-Nashir-2.jpgHaedar Nashir sampaikan delapan ciri perempuan berkemajuan dalam milad ke 105 Aisyiyah. (FOTO: Youtube Pimpinan Pusat Aisyiyah)

“Tiga, bermisi dakwah dan Tajdid yang mencerahkan. Yakni mengeluarkan keterjeratan manusia dari kegelapan, kebodohan, keterbelakangan menuju keadaan terang-tercerahkan,“ ujarnya.

Selanjutnya ungkap Haedar, Empat, menjunjung tinggi dan memuliakan martabat manusia, baik laki-laki maupun perempuan tanpa diskriminasi.

“Usaha kita membangun kesetaraan merupakan kebaikan yang lahir dari ilahi. Dan pesan langit ini bersifat transeden. Kita sebagai laki-laki tidak boleh merendahkan, mendzalimi perempuan. Bahkan Allah mengangkat derajat kaum perempuan,” ungkapnya.

Lima, membangun keluarga sakinah menuju peradaban utama. Haedar menerangkan, keluarga adalah sistem mendasar dari komunitas dan peradaban besar seperti bangsa, nasionalisme dan kemanusiaan semesta.

Haedar-Nashir-3.jpgPara tamu undangan dalam milad ke 105 Aisyiyah. (FOTO: Youtube Pimpinan Pusat Aisyiyah)

“Enam, gerakan Perempuan Islam Berkemajuan harus menguasai IPTEK dan berpemikiran maju. Kami percaya bahwa Indonesia akan maju jaya dan bersaing dengan bangsa lain ketika kita menguasai IPTEK dan berpikiran maju,“ terangnya.

Tujuh, harus mampu mengembangkan sumber daya insani sebagai khalifatullah fil ardh. Haedar menegaskan, sebagai pemimpin yang penuh cinta dan berkemajuan, perempuan dan semua berkewajiban mendidik generasi yang akan datang dengan cinta, sehingga menjadi generasi penerus yang quro ta ‘ayun.

“Serta ciri yang terakhir adalah proaktif dalam membangun peradaban dan kemanusiaan semesta. Dalam konteks ini Muhammadiyah-Aisyiyah telah melakukan kemajuan, membangun karya-karya untuk peradaban, dan mendasarkan gerakan atas pemikiran yang berkemajuan,“ tandas Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam acara Milad ke 105 Aisyiyah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES