Pemerintahan

Atasi Masalah Sampah Plastik, Program Bersih Indonesia Diluncurkan di Kabupaten Malang

Rabu, 18 Mei 2022 - 19:34 | 54.12k
Bupati Malang Sanusi ketika penandatanganan kesepahaman bersama program Bersih Indonesia di Kabupaten Malang. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Bupati Malang Sanusi ketika penandatanganan kesepahaman bersama program Bersih Indonesia di Kabupaten Malang. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – The Alliance to End Plastic Wasted bersama Kemenko Marives dan Pemkab Malang meluncurkan Program Bersih Indonesia di Pendapa Kabupaten Malang, Kepanjen, Rabu (18/5/2022).

Program ini untuk mengatasi permasalahan sampah plastik terutama di Kabupaten Malang. Hadir secara daring dalam peluncuran itu, Menko Marives RI Luhut Binsar Panjaitan.

Hadir langsung di lokasi, Presiden dan CEO The Alliance, Jacob Duer dan Bupati Malang Sanusi. Peluncuran program itu ditandai dengan penandatanganan kesepahaman bersama antara Alliance dan Bupati Malang.

Dalam sambutannya, Menko Marives RI Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, peluncuran program tersebut bersama The Alliance disepakati dengan pemilihan lokasi ploting pertama di Kabupaten Malang.

Program-Bersih-Indonesia-2.jpgMenko Marives RI Luhut Binsar Panjaitan ketika sambutan dalam program Bersih Indonesia di Kabupaten Malang. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)

"Untuk menyelesaikan masalah persampahan, sudah tidak bisa lagi dilakukan dengan cara biasa. Tetapi harus dengan inovasi dan dilakukan dengan cara berkolaborasi," ujar Luhut Binsar Panjaitan.

Lebih lanjut dia mengatakan, penanganan masalah sampah plastik diperlukan cara luar biasa. Hal ini untuk mewujudkan zero Wasted plastik di Indonesia dimulai dari Kabupaten Malang.

"Program ini harus bisa menggabungkan model pengolahan sampah dengan prinsip ekonomi sirkular. Sehingga, bisa meningkatkan nilai ekonomi sampah plastik," sebutnya.

Sementara itu, Bupati Malang Sanusi menyambut baik program Bersih Indonesia untuk eliminasi sampah plastik yang dimulai dari Kabupaten Malang.

"Ini sesuai visi Kabupaten Malang untuk mewujudkan Kabupaten Malang bersih dari Sampah. Menjadi semangat untuk terus berinovasi dalam mengolah sampah," jelasnya.

Dia optimistis, melalui Program Bersih Indonesia yang dimulai dari Kabupaten Malang nantinya dapat memberikan pelayanan optimal dalam pengolahan sampah plastik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES