Peristiwa Daerah

Permadani Banjarnegara Siap Jadi Benteng Budaya di Era Global

Rabu, 18 Mei 2022 - 19:13 | 56.31k
Wisuda ditandai  dengan penyematan samir oleh Ketua DPP Permadani, Antonius Suprianto. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)
Wisuda ditandai dengan penyematan samir oleh Ketua DPP Permadani, Antonius Suprianto. (FOTO: Kominfo for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Sebanyak 48 siswa pawiyatan panatacara dan pamedhar sabda angkatan kesepuluh Persaudaraan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia Kabupaten Banjarnegara (Permadani Banjarnegara) diwisuda  di Pendapa Dipayudha Adigraha, Rabu (18/5/2021).

Wisuda ditandai  dengan penyematan samir oleh Ketua DPP Permadani, Antonius Suprianto. Ke 48 siswa Permadani Bregada (angkatan) X tersebut diwisuda setelah  lulus dalam pendadaran sinerat (ujian tulis) dan pendadaran paragan (ujian praktek). Sebelumnya mereka menempuh pendidikan dan pelatihan (pawiyatan) selama enam bulan.

Permadani-Banjarnegara-2.jpg

Ketua Permadani Kabupaten Banjarnegara, Bagong Sugiyanto, menyampaikan bahwa selama 6 bulan, para siswa telah belajar tentang pengetahuan dan ketrampilan bahasa maupun budaya Jawa, sehingga memiliki kompetensi untuk berkiprah di tengah masyarakat, baik sebagai pembicara dalam bahasa Jawa (pamedhar sabda) atau pembawa acara (MC/panatacara) pada prosesi pernikahan dengan Jawa.

Selain itu, siswa Permadani dididik untuk menjadi sosok-sosok yang membentengi, menjaga dan melestarikan budaya tradisional, di tengah gempuran globalisasi.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan pelantikan Pengurus Permadani Banjarnegara masa bhakti 2022-2026.Serta penobatan siswa pinunjul (siswa terbaik), atas nama : Kadiyono SE, dan Muhamad Diaz Syahbana.

Asisten Pemerintahan Kesra, Tursiman S.Sos. mewakili Plh Bupati Banjarnegara dalam sambutannya berpesan agar para siswa Permadani Banjarnegara yang telah diwisuda dapat menjadi teladan dan bermanfaat bagi masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES