Peristiwa Daerah Haji 2022

Sebanyak 40 JCH Kota Blitar Siap berangkat ke Tanah Suci

Rabu, 18 Mei 2022 - 18:36 | 28.86k
Kasi penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Blitar Habiburrohman. (Foto: Sholeh TIMES Indonesia) 
Kasi penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Blitar Habiburrohman. (Foto: Sholeh TIMES Indonesia) 
FOKUS

Haji 2022

TIMESINDONESIA, BLITAR – Sebanyak 40 Jemaah Calon Haji Kota Blitar (JCH Kota Blitar) bersiap untuk berangkat menunaikan ibadah haji di tanah suci Kota Mekkah Arab Saudi. Jumlah tersebut jauh berkurang mengingat sebelum pandemi Kota Blitar mendapat kuota 190 jemaah calon haji.

Kasi penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Blitar Habiburrohman menjelaskan, seharusnya ada 88 orang calon jemaah yang berangkat pada tahun 2022 ini. Jumlah itu berdasarkan data calon jemaah haji tahun 2020 yang keberangkatanya tertunda akibat pandemi.

"Jumlah tersebut yang berhak konfirmasi pelunasan. Jadi istilahnya masih kuota pelunasan. Setelah nanti udah konfirmasi, Jadi sudah fix menjadi jemaah tetap. Itu jumlahnya 40 orang dan cadangan 14 orang," jelasnya Rabu (18/5/2022).

Karena baru 40 CJH yang berangkat, Habiburrohman katakan, maka masih ada 34 lainnya yang keberangkatannya kembali tertunda. Saat ini, ke 40 orang calon jemaaah haji yang sudah masuk kuota sedang menyelesaikan proses konfirmasi pelunasan biaya haji sampai dengan 20 Mei 2022 mendatang.

"Sehingga kita lihat perkembangan jemaah 40 sama 14 orang ini sampai tanggal 20 apakah daerah se jawa timur itu banyak yang melunasi atau tidak," tambahnya.

Habiburrahman menegaskan, 40 JCH Kota Blitar tersebut sudah sesuai kursi pemberangkatan. Kemenag kota Blitar sangat terbuka dengan JCH terkait data pemberangkatan. Hal itu untuk transparansi penyelanggaraan haji kepada masyarakat. "Nomer kursi tidak bisa urut tapi minimal tidak ada loncatan. Jemaah ini kita buka sehingga ketika ada konmplain kita terbuka. Jadi untuk menepis isu kita bermain kursi," tegasnya.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES