Peristiwa Daerah

Cerita Kegigihan Budi Suhartana, Perajin Gamelan di Ponorogo yang Tetap Eksis

Rabu, 18 Mei 2022 - 10:42 | 145.71k
Perajin gamelan Budi Suhartana menunjukkan kerajinan gamelan yang sudah jadi. (FOTO: Kevin Pramana/Magang IAIN Ponorogo/TIMES Indonesia)
Perajin gamelan Budi Suhartana menunjukkan kerajinan gamelan yang sudah jadi. (FOTO: Kevin Pramana/Magang IAIN Ponorogo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Budi Suhartana adalah salah seorang perajin gamelan di Jalan Pemuda, Desa Paju, Ponorogo yang hingga saat ini masih eksis. Kerajinan yang dibuat untuk melestarikan budaya tersebut, bahkan terjual hingga luar Jawa.

Budi meneruskan usaha keluarganya yang sudah ada sejak tahun 1980-an. Di kawasan Paju, sedikitnya ada sekitar delapan perajin gamelan yang masih eksis. Mereka masih memiliki hubungan kekerabatan satu dengan lainnya.

Proses-pembuatan-dan-penyambungan-gamelan.jpgProses pembuatan dan penyambungan gamelan. (FOTO: Kevin Pramana/Magang IAIN Ponorogo/TIMES Indonesia)

"Usaha ini sudah ada sejak tahun 1980-an, dari bapak saya yang memang seniman tradisional di Ponorogo. Karena di Ponorogo ada kesenian Reog dan memakai musik pengiring, keluarga membuat alat musik pengiringnya yakni gamelan ini,” ujar Budi.

Proses pembuatan gamelan, dimulai dari bahan atau plat baja yang masih lembaran. Kemudian dipotong, ditempa dan disambung sesuai dengan pesanan. Untuk pembuatan gamelan sesuai pesanan pelanggan, dengan ukuran berbeda-beda.

“Proses produksi menyesuaikan dengan permintaan pelanggan. Ada yang satu set gamelan dan ada yang hanya meminta bagian tertentunya saja. Ada yang pesan hanya gong dengan ukuran besar dan dikirim ke luar negeri,” tambah Budi.

Pengecekan-hasil-suara-dari-gamelan-sebelum-dikirim.jpgPengecekan hasil suara dari gamelan, sebelum dikirim. (FOTO: Kevin Pramana/Magang IAIN Ponorogo/TIMES Indonesia)

Sistem pemasarannya, selain konvensional, saat ini juga memanfaatkan dunua digital misalnya website dan melalui Facebook.

“Dulu hanya seniman lokal yang pesan gamelan di sini, tapi sejak ada pemasaran digital atau online pelanggan-pelanggan dari luar Ponorogo mulai ramai. Tidak hanya kesenian reog dan karawitan, kami juga membuat gamelan dengan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan permintaan seniman seperti dari Kalimantan,” kata perajin kesenian gamelan asal Ponorogo ini.

Harga satu set atau paket gamelan di kisaran Rp65 juta. Menurut Budi, perajin gamelan di Ponorogo, harga tersebut  tak begitu mahal untuk alat kesenian dengan kualitas bagus. Dalam satu paket gamelan terdiri dari kendang, saron, demung, bonang, kenong, gong, kempul, gambang, dan suling. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES