Peristiwa Daerah

Mendagri Surati Gubernur Malut, Persiapkan Pelantikan Pj Bupati Pulau Morotai

Selasa, 17 Mei 2022 - 23:26 | 151.15k
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian. (Foto: JPNN)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian. (Foto: JPNN)

TIMESINDONESIA, PULAU MOROTAI – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian melalui PLH Dirjen Otda telah melayangkan surat kepada 21 gubernur di Tanah Air. Surat Keputusan Mendagri tersebut memerintahkan Gubernur masing-masing daerah agar segera membuat persiapan pelantikan penjabat (Pj) bupati/wali kota untuk 43 kabupaten/kota di 21 provinsi.

Salah satu yang menerima surat tersebut adalah Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba. Perintah Mendagri ini sifatnya Segera. Hal itu tertuang dalam surat Nomor: T.131/3211/OTDA tertanggal 13 Mei 2022.

Surat tersebut atas nama Kemendagri M Tito Karnavian yang ditandatangani oleh PLH Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, H Suhajar Dewantoro. "Gubernur segera melakukan persiapan pelantikan penjabat bupati/wali kota diutamakan di ibukota provinsi masing masing," tulis perintah dalam surat itu dalam rilis yang diterima, Selasa (17/5/2022). 

"Saat ini penyelesaian Kepmendagri tentang pengangkatan penjabat bupati/wali kota sementara dalam proses finalisasi. Kepmendagri tersebut akan disampaikan ke Gubernur masing-masing pada 20 Mei 2022," ungkap a.n Mendagri, PLH Dirjen Otda Kemendagri, H Suhajar Dewantoro.

Sejauh ini, soal siapa Penjabat (Pj) Bupati Pulau Morotai yang bakal dilantik belum ada kejelasan. Tetapi Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba mengusulkan ada tiga nama untuk Morotai, namun informasi terakhir Pj Bupati Morotai yang diangkat Mendagri adalah M Umar Ali yang sementara ini menjabat sebagai Sekda Pemkab Morotai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES