Peristiwa Daerah

Bocah di Probolinggo Sempat Diduga Suspek Hepatitis Akut, Ternyata Ini Faktanya

Selasa, 17 Mei 2022 - 15:41 | 30.56k
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kasus penyakit hepatitis akut di Kabupaten Probolinggo, sejauh ini masih nihil. Hanya saja, seorang bocah berusia 6 bulan sempat diduga suspek hepatitis akut lantaran gejala yang dideranya.

"Bocah itu sempat kami duga suspek, karena gejala yang dialaminya persis seperti hepatitis akut yang kami maksud," ungkap Epidemiologi Ahli Muda pada Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica, saat dikonfirmasi, Selasa (17/5/2022).

Kata dia, bocah asal Kecamatan Wonomerto itu, mengalami gejala seperti batuk, kulit berwarna kuning dan sebagainya. Gejala yang sangat mirip dengan penyakit itu membuat pihaknya harus melakukan observasi.

Hanya saja, lanjut dia, gejala kulit berwarna kuning itu sudah bawaan lahir bocah tersebut. Sifat kelainan itu pun diyakini bukan menjadi salah satu gejala yang dimaksud. Hal itu didapatkannya dari hasil observasi yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Wonomerto.

"Bocah itu dirawat di Rumah Sakit dr. Saleh Kota Probolinggo. Pihak keluarga memilih merawat disana, meski wilayahnya masuk Kabupaten Probolinggo. Namun, kami tetap berusaha untuk mencari informasi,"  jelas wanita kelahiran Denpasar itu.

Hasil observasi itu pun, pihaknya berkesimpulan bahwa penyakit hepatitis akut di Kabupaten Probolinggo, nihil kasus. Ia pun tetap berharap pada seluruh puskesmas untuk terus bersiap. Masyarakat pun diminta untuk lebih komunikatif bila ada gejala yang dimaksud.

"Kalau masyarakat menemukan gejala hepatitis akut, segera menyampaikan pada kami. Agar bisa segera tertangani. Sementara Kabupaten Probolinggo nihil kasus. Semoga seterusnya," ungkap wanita berkacamata itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES