Indonesia Positif

HUT ke-421 Kabupaten Tegal, Bupati Pimpin Ziarah Makam Leluhur Tegal

Selasa, 17 Mei 2022 - 13:26 | 30.07k
Bupati Tegal, Hj Umi Azizah ziarah ke makam leluhur pendiri tlatah Tegal. (Foto : Humas Pemkab Tegal For Times Indonesia)
Bupati Tegal, Hj Umi Azizah ziarah ke makam leluhur pendiri tlatah Tegal. (Foto : Humas Pemkab Tegal For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGAL – Menjelang HUT ke-421 Kabupaten Tegal yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 18 Mei, menjadi momentum Pemerintah Kabupaten Tegal di tiap tahun untuk memperingatinya.

Seperti salah satunya yang dilakukan Pemkab Tegal yakni ziarah ke makam para leluhur, tokoh sejarah pendiri tlatah Tegal diantaranya yakni ziarah ke Makam Ki Gede Sebayu di Desa Dawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Pelaksaaan ziarah ke makam leluhur itu dipimpin langsung oleh Bupati Tegal, Umi Azizah yang diikuti oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Menurut Umi, ziarah ini adalah bentuk penghormatan kepada para leluhur atas jasa, amal baik dan keilmuan yang telah diwariskannya.

“Tradisi ziarah ini merupakan warisan budaya baik yang harus kita rawat, kita jaga dan lestarikan. Tujuannya selain mengingatkan kematian kepada kita yang masih hidup juga supaya kita tidak lupa akan silsilah dan jasa para leluhur kita sehingga Tegal bisa berkembang sejauh ini,” jelas Umi melalui pernyataan resmi Humas Pemkab Tegal kepada Times Indonesia, Selasa (17/5/2022).

Bupati-Tegal-Hj-Umi-Azizah-ziarah-a.jpg

Umi berharap, peringatan Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal ini dapat menjadi momentum untuk membuka lembaran hidup baru pasca pandemi Covid-19 dengan menerapkan cara-cara kerja baru yang lebih efektif dan efisien, salah satunya memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi, termasuk pola hidup baru yang lebih sehat dan produktif. Sehingga dari sini akan tumbuh harapan baru yang akan menjadi energi atau kekuatan terbesar bangsa ini untuk bangkit dari tekanan ekonomi.

Semangat tersebut menurutnya merupakan terjemahan dari tema besar Hari Jadi ke-421 Kabupaten Tegal, yakni kehidupan baru dan harapan baru.

“Semangat untuk memulai hidup baru dengan cara-cara yang baru dan meraih harapan baru harus kita gelorakan untuk menangkap momentum dan peluang di masa pasca pandemi ini. Inilah saatnya kita untuk bangkit, memulihkan kondisi sosial dan ekonomi yang sempat tertekan saat pandemi lalu, disamping terus memupuk dan memperkuat kesetiakawanan sosial,” ujarnya.

Usai dari Makam Ki Gede Sebayu, ziarah dilanjutkan ke Makam Ki Ageng Anggawana dan Pangeran Purbaya di Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru dan berakhir di Makam Amangkurat Agung di Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna.

Tampak sejumlah anggota Forkopimda Kabupaten Tegal ikut serta dalam ziarah ini antara lain Ketua Pengadilan Agama Slawi Abdul Basyir, Komandan Satrad 214 Tegal Letkol Lek I Ketut Wiratmaja, perwakilan Kodim 0712/Tegal, Polres Tegal, dan Kejaksaan Negeri Slawi.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono berharap, di HUT ke-421 Kabupaten Tegal ini, wilayahnya akan semakin maju. Joko pun menjelaskan, rangkaian acara hari jadi ini meliputi ziarah ke makam para leluhur, penyerahan pataka hingga kirab pataka dan sidang paripurna. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES