Wisata

Gembok Cinta Ala-Ala Paris Juga Ada di Niagara Mini Ijen Bondowoso

Selasa, 17 Mei 2022 - 12:48 | 59.97k
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat saat melaunching dan memasang gembok di spot Gembok Cinta (FOTO: Moh Bahri/, TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat saat melaunching dan memasang gembok di spot Gembok Cinta (FOTO: Moh Bahri/, TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Mau menikmati wisata gembok cinta tidak perlu jauh pergi ke Paris. Kini di Bondowoso hadir wahana ala-ala Kota Cinta, Perancis tersebut.

Lokasi Gembok Cinta tersebut berlokasi di Wisata Alam Niagara Mini, Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso. Wahana itu baru saja diresmikan.

Gembok Cinta di air terjun Niagara Blawan berada di atas jembatan warna warni yang membentang di depan air terjun. 

Tepat di tengah jembatan, terdapat love ring yang cukup besar. Bisa menjadi spot foto atau lokasi swafoto. 

Setiap pasangan bisa memasang gembok cinta yang kemudian berisi nama sepasang kekasih. Sementara kuncinya, nanti bisa dilempar ke aliran air terjun. 

Pemasangan gembok cinta selama ini banyak yang menyebut menjadi simbol atau lambang cinta abadi. 

Pemasangan gembok cinta merupakan  kebiasaan unik yang banyak bermunculan di Eropa dan Asia sejak tahun 2000-an. 

Berbagai macam mitos dan keyakinan muncul. Misalnya adanya cinta sejati hingga hubungan yang akan langgeng jika menaruh gembok cinta.  

Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora), Moelyadi menjelaskan, sejumlah spot baru yang ditawarkan di air terjun Niagara Mini Blawan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Apalagi kata dia, tradisi gembok cinta memang lekat di mata wisatawan yang membawa pasangannya.

"Saya optimis dengan adanya spot baru ini  bisa meningkatkan kunjungan wisata. Sebelum itu direnovasi saja sudah ramai. Apalagi sekarang," ungkap dia. 

Penambahan spot baru wisata ini murni dibiayai sendiri oleh PTPN XII Ijen. "Kami akan membantu mempromosikan dan memperbaiki akses jalan menuju lokasi objek wisata," jelas dia.

Sementara Manager PTPN XII kebun Blawan, Tatang Setiawan berharap, inovasi tersebut semakin memikat wisatawan untuk datang ke Bondowoso.

 Pihaknya siap berkontribusi untuk pengembangan destinasi wisata di Bumi Ki Ronggo. 

"Tidak hanya untuk menambah profit kebun Blawan saja, tetapi juga membantu peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata dia.

Pihaknya terus bersinergi dengan Pemkab melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), untuk pengembangan destinasi wisata alam di Ijen.

Sebenarnya kat dia, dengan potensi air yang besar, manti pihaknya akan mengajak beberapa rekanan dan vendor untuk bisa mengembangkan potensi bersama-sama. "Tentunya tetap berkoordinasi dengan Disparbudpora,” jelas Tatang.

Informasi dihimpun, spot gembok cinta di Niagara Mini Ijen Bondowoso itu diresmikan oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat bersama PTPN XII Ijen, Kamis (12/5/2022) lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES