Olahraga

Kemenpora RI: Tim Rowing Indonesia Lampaui Target di SEA Games 2021 Vietnam

Senin, 16 Mei 2022 - 16:29 | 33.41k
Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kemenpora RI, Raden Isnanta saat mewakili Zainudin Amali menyambut atlet dayung di bandara (foto: Kemenpora)
Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kemenpora RI, Raden Isnanta saat mewakili Zainudin Amali menyambut atlet dayung di bandara (foto: Kemenpora)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKemenpora RI memberi apresiasi atas capaian prestasi atlet Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam.

Hal itu disampaikan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta saat menyambut kedatangan Tim Rowing (Dayung) Indonesia  di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (16/5/2022).

Raden Isnanta sangat mengapresiasi atas capaian prestasi yang ditorehkan tim rowing Indonesia yang  berhasil  menyumbangkan 8 emas dan 6  perak untuk Squad Merah Putih di SEA Games 2021 Vietnam. 

"Selamat datang pahlawan Indonesia yang sudah berjuang untuk mengibarkan merah putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Dengan 8 emas dan 6 perak, pemerintah mengapresiasi  kerja keras tim dayung  Indonesia," ujar Isnanta.

Sebuah capaian besar tapi ada yang jauh lebih dari itu yaitu menata Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) menuju Olimpiade dengan transisinya ada di Asian Games. "Kalau tingkat Asia Tenggara sudah dibuktikan dengan pencapaian yang melebihi target," jelasnya.

Menurutnya, raihan 8 emas dari cabor dayung bukanlah sesuatu yang mengejutkan, karena tradisi diberbagai multi even  maupun single even olahraga, cabor dayung memang sering memberikan medali emas.

"Dalam konteks ini, kita itu menyiapkan atlet dari berbagai nomor. Pertanyaanya, dari mana pembinaan itu dilahirkan?. Kita punya PPLP dayung di berbagai daerah. Kemudian PB PODSI selalu mengelar kompetis junior  sehingga bakat-bakat mereka  kelihatan. Jadi pembinaan dan kompetisi selalu diikutkan," katanya.

"Dan itu selaras dengan DBON. Karena DBON prinsipnya membina secara berjenjang mulai dari usia dini sampai usia emas. Dan ini sudah dilakukan dan tidak pernah  putus. Jadi DBON itu untuk pentas Olimpiade, namun targetnya bukan di Olimpiade 2024 tapi masih target yang panjang," tambahnya.

Lebih jauh Isnanta mengatakan bahwa untuk menuju Olimpiade, yang harus dilakukan. Pertama, memperbanyak kompetisi. Kedua, sports science harus di kuatkan. Karena dayung itu lebih mengutamakan power. 

"Untuk mendapatkan power tinggi, harus di cermati asupan gizi, hitungan kalorinya, hitungan anatominya. Jadi kalau mau bersaing tidak hanya modal semangat tapi sports science harus kuat dan latihan harus terukur dengan baik," katanya.

Berikut hasil lengkap perolehan medali Tim Rowing Indonesia di SEA Games Vietnam:

A.. Emas 
1. Kakan Rusmana/ Ardi Isedi pada nomor Lighweight Man’s Double Sculls
2. Sulfianto/Memo pada nomor Man’s Double Sculls 
3. Ali Mardiansyah/Kakan Rusmana/Ihram/Ardi Isedi pada nomor Lightweight Man’s Quadruple Scull 
4. Mahendra Yanto/Ali Buton/ Ferdiansyah/Denri Maulidzar pada nomor Lightweight Man’s Four 
5. Denri Maulidzar Alghiffari/Ferdiansyah pada nomor Men’s Pair 
6. Ihram pada nomor Men’s Lightweight Single Sculls 
7. Jefri Ardianto/Rio Riski Darmawan pada nomor Men’s Lightweight Pair 
8. Memo/Edwin Ginanjar/Sulpianto/Rifqi Harits Taufiqurrahman pada nomor Men’s Quadruple Sculls

B. Perak 
1. Putri Agni Anugerah/Annisa Meilani Yahya/Maslin Efrilia/Dewi​​​ Purwanti pada nomor Women’s Quadruple Sculls
2. Syvia Lisdiana/Julianti/Aisah Nabila/Chelsea Corputty pada nomor Women’s Four
3. Julianti dan Chelsea Corputty ​​​/Perak​​​​​ pada nomor Women’s Pair
4. Melani Putri/Mutiara Rahma, Anggi Widiarti/Nurtang pada nomor  Lightweight Women’s Quadruples Scull 
5. Melani Putri & Mutiara Rahma Putri pada nomor Women’s Lightweight Double Sculls 
6. Chelsea Corputty/Syiva Lisdiana/Aisah Nabila/Yuniarty pada nomor Lightweight Women’s Four

Pertandingan rowing yang berlangsung pada 11-14 Mei 2022 sukses mengumpulkan 14 medali untuk Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam ini. Adapun, 8 emas yang diraih cabor dayung keseluruhannya berasal dari Tim Putra. Sedangkan Tim Putri harus puas dengan 6 perak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES