Peristiwa Nasional

Menteri BUMN Erick Thohir Ajak Milenial Lindungi Industri Indonesia dengan Digitalisasi

Senin, 16 Mei 2022 - 13:27 | 56.65k
Menteri BUMN Erick Thohir (FOTO: Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir (FOTO: Kementerian BUMN)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong milenial dan generasi Z agar aktif dalam menghadapi digitalisasi. 

Menteri Erick mengatakan, banyak tatanan industri dan ekonomi yang berubah di era digital dan disrupsi teknologi yang menyertainya.

“Artinya akan terjadi perubahan signifikan dalam hal pekerjaan. Ini yang perlu diantisipasi," ujarnya di Jakarta, Senin (16/5/2022).

Kata dia, anak muda perlu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengambil peluang dalam bersaing. Pasalnya, sepuluh perusahaan terbesar di dunia, tujuh di antaranya kini merupakan perusahaan teknologi.

Lebih lanjut, Menteri Erick menuturkan kondisi itu adalah sinyal terjadinya perubahan di dunia industri. Bahkan, eksplorasi sumber daya manusia nilainya sudah melebihi industri sumber daya alam. 

Terkait kondisi itu, dirinya mengingatkan agar Indonesia tak sekadar menjadi pasar bagi berkembangnya produk asing di tengah kemajuan digital. 

"Kita sudah menghadapi first wave dengan hadirnya media online. Kemudian second wave dengan hadirnya beragam aplikasi. Kemudian third wave dengan hadirnya metaverse. Jangan sampai semua ini sekadar jadi arena yang dikuasai produk asing," ujar Menteri Erick. 

Di sisi lain, Menteri Erick menyampaikan sudah menjadi keharusan bagi anak muda untuk menekuni teknologi digital. Dengan demikian, Indonesia akan semakin mampu bersaing dalam percaturan ekonomi dunia yang baru. 

Lebih dari itu, dia menuturkan, kini mayoritas penduduk Indonesia adalah usia muda. Ia yakin sektor digital adalah peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia pada 2045.

"Insya Allah kita akan terus tumbuh pada 2045 menjadi salah satu kekuatan utama ekonomi dunia," demikian Menteri BUMN Erick Thohir dorong milenial dan generasi Z agar aktif dalam menghadapi digitalisasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES