Peristiwa Daerah

Polemik Tanah Kas Desa Conggeang Kulon Sumedang yang Terkena Proyek Tol Cisumdawu Mengemuka

Senin, 16 Mei 2022 - 13:15 | 97.20k
Kantor Desa Conggeang Kulon Sumedang Jawa Barat. (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Kantor Desa Conggeang Kulon Sumedang Jawa Barat. (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Polemik tanah kas desa yang terkena dampak proyek pembangunan Tol Cisumdawu dan kinerja perangkat Desa Conggeang Kulon terus mengemuka. Bahkan, sejumlah tokoh masyarakat terus mempersoalkan hal itu.

Demikian disampaikan Kepala Desa (Kades) Conggeang Kulon Kecamatan Conggeang, Asep Kusdinar kepada TIMES Indonesia melalui sambungan telepon di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (16/5/2022).

"Saya baru menjabat Kades Conggeang Kulon sekitar 7 bulan, memang ada polemik seperti itu. Ya ada warga yang mempertanyakan kinerja perangkat desa pasalnya, dinilai kurang transparan," ujar Kades. 

Terlebih, ujar Kades, memang belum ada pergantian perangkat desa selama dirinya menjabat Kades Conggeang Kulon. 

"Saya sudah komunikasi dengan Camat Conggeang, untuk proses pergantian perangkat desa kami persilahkan untuk legowo kepada yang bersangkutan untuk mengundurkan diri secara tertulis," ujar Kades. 

Kemudian, terang Kades, terkait persoalan tanah Kas Desa Conggeang yang terkena dampak proyek pembangunan Tol Cisumdawu, dirinya menduga ada manipulasi data. 

"Hal ini terjadi, sebelum saya menjabat sebagai Kades Conggoeang Kulon. Intinya, saya masih menunggu keputusan perubahan resume dari pihak BPN seperti apa, agar kedepannya juga supaya transparan dan diketahui warga," ucapnya. 

Lebih dari itu, imbuh Kades, persoalan tersebut masih menjadi pembahasan serius di Desa Conggeang Kulon. 

"Mudah mudahan ada solusi terbaik kedepannya. Saya berharap tidak menjadi polemik yang berkepanjangan dan terang benderang. Apalagi ada prasangka buruk kepada saya, mengingat persoalan yang ada sudah lama terjadi sebelum saya menjabat Kades Conggeang Kulon," tandas Asep Kusdinar terkait polemik di Desa Conggeang Kulon Sumedang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES