Peristiwa

Kraton Kasunanan Surakarta Gelar Tradisi Sungkeman Pangabekten

Senin, 16 Mei 2022 - 03:21 | 125.76k
Sungkeman Pangabekten kepada Sahandhap Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan (SSISKS) Pakoe Boewono XIII dan Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pakoe Boewono.  (Foto: Dok. Kraton Kasunanan Surakarta)
Sungkeman Pangabekten kepada Sahandhap Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan (SSISKS) Pakoe Boewono XIII dan Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pakoe Boewono. (Foto: Dok. Kraton Kasunanan Surakarta)

TIMESINDONESIA, SURAKARTAKraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menggelar acara Sungkeman Pangabekten kepada Sahandhap Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan (SSISKS) Pakoe Boewono XIII dan Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pakoe Boewono. Teriknya matahari tak menyurutkan ratusan Sentono dan Abdi Dalem untuk hadir di Sasana Handrawina, Kraton Surakarta, Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (15/5/2022) siang.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh SISKS. Pakoe Boewono XIII dan GKR. Pakoe Boewono tersebut berlangsung secara terbatas dan dengan penerapan protokol kesehatan. Meski demikian, acara tetap berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Sungkeman-Pangabekten.jpg

Pada acara yang digelar dalam rangka perayaan Idul Fitri 1443 H / 2022 tersebut, tampak hadir kakak perempuan SISKS Pakoe Boewono XIII, yaitu GKR Alit. Selain itu, sejumlah adik SISKS Pakoe Boewono XIII juga turut hadir, di antaranya KGPH Adipati Dipo Kusumo, GRAy Koes Suwiyah, GPH Madukusumo, GRAy Koes Sapardiyah, GRAy Koes Rahmaniyah, dan GRAy Koes Raspiyah. Juga putri SISKS Pakoe Boewono XIII, yakni GRAy Putri Purnaningrum juga mengikuti gelaran tradisi sungkeman tersebut.

Dalam kesempatan itu, para Sentono Dalem dan Abdi Dalem Kraton Surakara, tampak mendekat dan menghaturkan sungkem kepada sang Raja Surakarta SSISKS Pakoe Boewono XIII beserta GKR Pakoe Boewono.

KGPH Adipati Dipo Kusumo menuturkan, acara ini merupakan sebuah momentum yang tepat untuk saling memaafkan. Selain itu, ia juga mengungkapkan rasa syukurnya bahwa acara ini dapat digelar.

Sungkeman-Pangabekten-1.jpg

"Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Sinuhun Pakoe Boewono XIII melaksanakan ini juga di saat pandemi sudah mulai menurun, kita diberi kesempatan bisa mengadakan acara ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutur Gusti Dipo, panggilan akrab adik SISKS. Pakoe Boewono XIII yang menjabat sebagai Pengageng Parentah Kraton Surakarta itu.

Selain dari Kota Surakarta, para Sentono Dalem, Abdi Dalem, dan tamu undangan yang hadir di acara Kraton Kasunanan Surakarta tersebut, juga berasal dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Klaten, Madiun, Mojokerto, dan hingga Banyuwangi. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES