Pendidikan

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Deklarasikan Tahun Mutu, Siapkan Kegiatan Bertaraf Internasional

Minggu, 15 Mei 2022 - 16:01 | 46.73k
Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I., Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. (Dok. TIMES Indonesia)
Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I., Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. (Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pada tahun ini, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq (UIN KHAS Jember) mendeklarasikan dirinya sebagai Tahun Mutu dan Akreditasi Unggul. 

Berbagai terobosan baru tak hanya dibangun dalam lingkup nasional saja, melainkan hingga mancanegara. 

Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I., Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar dua acara besar berskala internasional. 

"Akan ada dua acara besar yang digelar Fakultas Syariah pada tahun 2022 ini, yaitu International Simposium dan International Conference. Acara ini juga didukung oleh institusi dari luar negeri meliputi negara Australia, Eropa bahkan Amerika," terangnya. 

Kedua acara tersebut telah digawangi oleh International Office Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. International Office sendiri merupakan lembaga yang menyiapkan kegiatan bertaraf internasional di lingkungan Fakultas Syariah.

"Dua kegiatan internasional ini menjadi acara terbesar di Fakultas Syariah. Kita harus tetap mengibarkan bendera Fakultas Syariah dan UIN KHAS Jember di seluruh penjuru dunia," tegas Prof Haris yang juga Ketua PP APHTN-HAN. 

Sementara itu, Basuki Kurniawan, M.H., Ketua Internasional Office membeberkan, International Simposium yang mengusung tema Metaverse & Crypto Currency Based on Law and Islamic Law in World akan digelar, Rabu (20/6/2022). 

"Sementara dalam International Conference dengan tema Islam, Law and Human Right in Asia and Australia memiliki beberapa tahapan, pertama call for paper yaitu pengumpulan abstrak pada 1-21 Agustus 2022. Kemudian, pengumuman peserta yang lolos abstrak pada 29 Agustus 2022. Tahap selanjutnya pengumpulan full paper pada 30 Agustus-30 September 2022. Paper tersebut akan direview oleh Tim Jurnal Fakultas Syariah UIN KHAS Jember untuk bisa lanjut ke acara International Conference pada 19 dan 20 Oktober 2022," jelasnya. 

Lebih lanjut, Basuki menambahkan, nantinya dalam acara International Conference akan menghadirkan narasumber yang hebat dan kompeten dari berbagai negara. 

"Dalam Internasional Conference kami usahakan mengundang narasumber dari luar negeri semua dan ada juga narasumber dari kampus UIN KHAS sebagai bentuk rekognisi dosen UIN KHAS di dalam Internasional Conference dan call for paper," ungkap Dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tersebut. 

Sekretaris International Office, Siti Nur Soimah, S.H., M.H. memaparkan, peserta International Conference ini dibuka untuk umum, baik dari universitas, institut, atau Perguruan Tinggi di Indonesia maupun mancanegara. 

"Acara ini dibuka untuk umum dan siapa saja boleh mengikuti acara ini, dan peserta yang ingin mengumpulkan full paper bisa menyesuaikan tema yang sudah ditetapkan oleh panitia," pungkas Soimah yang merupakan dosen Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES