Peristiwa Daerah

Balkonjazz 2022 Membuat UMKM Kebanjiran Order

Minggu, 15 Mei 2022 - 10:36 | 32.79k
Hartati sedang melayani salah satu pembeli di standnya. (Foto: Humas PT PGN Tbk)
Hartati sedang melayani salah satu pembeli di standnya. (Foto: Humas PT PGN Tbk)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Ajang musik bergengsi Balkonjazz Festival 2022, yang berlangsung Sabtu 14 Mei 2022 mampu mendongkrak penjualan produk UMKM Lokal. Melalui pasar Balkon sebagai pendamping  pentas musik jazz  yang digelar PT PGN Tbk dengan menghadirkan artis dan musisi top Indonesia. 

Sekertaris PT PGN Tbk Rahmat Hutama melalui rilisnya, Minggu (15/5/2022) menjelaskan digelar di kawasan Balkondes PGN Karangrejo Borobudur Magelang Jawa Tengah, panitia sengaja menempatkan stand - stand produk UMKM di pintu masuk. Sehingga pengunjung yang hadir dapat membeli produk - produk yang ditawarkan.Baik sebagai camilan saat menikmati pentas musik atau sebagai oleh - oleh. 

Hartati (56) salah satu pedagang di Pasar Balkon mengaku, sudah lama menunggu kembali digelarnya Balkonjazz. Terakhir digelar pada tahun 2019, kegiatan dihentikan menyusul Pandemi Covid-19. Sehingga dirinya menyambut antusias digelarnya Balkonjazz 2022.

Dengan produk berlabel "ECO" ibu 3 anak ini memasarkan 4 jenis camilan. Masing - masing peyek kacang, peyek kacang hijau, keripik bayam dan keripik tempe. Dijual dalam kemasan 500 gram, sekitar 100 kilogram produk terjual selama pelaksanaan Balkonjazz 2022.

"Peyek kacang menjadi camilan yang paling laris,” jelas perempuan yang sudah 9 tahun menggeluti usahanya ini.

Selain melalui Pasar Balkon, dukungan PT PGN Tbk kepada UMKM juga diberikan lewat penyediaan gas bumi sebagai bahan bakar yang murah dan ramah lingkungan. Sehingga mampu menekan biaya produksi dan membuat harga jual lebih murah. Padahal bila menggunakan bahan bakar lain biaya produksi akan membengkak, mengingat proses produksi yang dilakukan dua tahap. 

Mukiban (39) produsen keripik jet kolet mengaku, untuk kebutuhan bahan bakar dalam sebulan hanya mengeluarkan biaya Rp 100 ribu dengan biaya yang relatif murah dirinya dapat menjual 100 gram keripik jet kolet dengan harga Rp 10 ribu. Sehingga pada pelaksanaan Balkonjazz 2022 dirinya mampu menjual hingga 1.000 bungkus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES