Pemerintahan

Kunjungan Anies Baswedan ke Eropa, Bertemu Menteri Inggris Hingga Kerja Sama PT Transjakarta

Minggu, 15 Mei 2022 - 09:33 | 120.96k
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Eropa dan bertemu dengan Menteri Pedagang Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan MP. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Eropa dan bertemu dengan Menteri Pedagang Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan MP. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pertemuan dengan berbagai pihak saat berkunjung ke Eropa. Mulai dari mahasiswa doktoral Indonesia hingga bertemu dengan Menteri Pedagang Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan MP.

"Kunjungan balasan ini adalah sebagai tindak lanjut kunjungan Menteri Anne-Marie Trevelyan, MP, ke Jakarta pada bulan Februari 2022 lalu," katanya dalam keterangan tertulis dikutip Minggu (15/5/2022).

Dalam pertemuan itu Anies ditemani oleh Sri Haryati selaku Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta, William Sabandar selaku Direktur Utama PT MRT Jakarta, dan Thomas Trikasih Lembong selaku Komite Investasi DKI Jakarta.

"Sebuah pertemuan yang produktif, kami membahas pengembangan hubungan kerja sama untuk mendukung Kota Jakarta mencapai target Net Zero Emissions pada tahun 2050 dan penjajakan kemitraan dengan Pemerintah Inggris untuk pembangunan MRT Jakarta pada fase-fase berikutnya," jelasnya.

Bertukar Gagasan

Sebelumnya, Anies Baswedan juga bertukar gagasan bersama para peneliti dan mahasiswa doktoral pada acara diskusi “Jakarta Post-Pandemic: Smart Technology and Urban Life” yang diselenggarakan oleh Doctoral Epistemic of Indonesian in United Kingdom (Doctrine UK) di King’s College, London.

Anies-Baswedan-2.jpg

"Senang bisa berdiskusi dengan para mahasiswa doktoral, sebab riset yang teman-teman lakukan berdasarkan bukti empirik," kata mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

Anies menjelaskan, kebijakan pembangunan Kota Jakarta yang tepat sasaran seperti keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 dan peningkatan pengguna sarana transportasi publik yang signifikan melalui sistem terintegrasi Jaklingko, juga diambil melalui penggunaan data dan informasi yang dihasilkan oleh penelitian ilmiah.

Kata dia, pelaksanaan program di Provinsi DKI Jakarta membutuhkan inovasi teknologi terbaru. Hal ini untuk mengatasi beragam tantangan dalam menata kota paska pandemi Covid-19. Dibutuhkan harmonisasi data dan pemanfaatan teknologi terbaru untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

"Kami mengajak teman-teman mahasiswa doktoral membantu program pemerintah. Hasil riset harus dapat diterapkan sebagai solusi mengatasi persoalan di lapangan. World class competence (kompetensi kelas dunia) harus diimbangi Grassroot understanding (pengetahuan akar rumput)," jelasnya.

Anies pun memberikan pesan kepada mahasiswa yang sedang kuliah di luar, pasang selembar peta Indonesia di dinding kamar atau ruang kerja. "Sebagai pengingat tiap waktu bahwa di tanah air itulah kita akan mengabdi tanpa batas," jelasnya.

"Setelah tamat sekolah, jangan pulang cepat-cepat. Tambahkan pengalaman bekerja, bangun jejaring internasional baru, bantu teman-teman di Indonesia yang membutuhkan jejaring luar. Sehingga saat pulang nanti membawa ilmu, pengalaman dan jejaring, lalu manfaatkan semua itu untuk ikut menjawab tantangan-tantangan bangsa tercinta ini," ujarnya.

Setelah itu, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu juga bertemu dengan Lord Mayor of the City of London, The Rt Hon. The Lord Mayor Vincent Keaveny (Alderman).

"Mr. Vincent Keaveny adalah Lord Mayor of the City of London yang ke-693. Lord Mayor adalah salah satu jabatan publik administratif tertua di dunia, setiap tahun dipilih melalui Common Hall, semacam dewan kota, berbeda dengan Mayor of London yang dipilih langsung oleh rakyat dan memimpin area Greater London," kata Anies Baswedan.

"Sayang sekali sahabat kami Mayor of London, Mr. Sadiq Khan, tidak bisa bergabung karena sedang ada acara lain di luar UK," jelasnya.

Kata dia, City of London adalah tempat di mana kota London awalnya didirikan oleh bangsa Romawi. Kota yang hanya seluas 2,9 km², kini menjadi salah satu kota paling maju di dunia.

Anies menyampaikan, Lord Mayor of the City of London biasanya menjadi tuan rumah apabila ada kunjungan kepala negara atau pejabat asing. Ia bertanggungjawab atas urusan bisnis dan warga di kota London.

Karena pusat aktivitas industri jasa keuangan Inggris berada di London, maka Lord Mayor bisa dibilang mengurusi hampir seluruh sektor finansial yang berbasis di Inggris.

"Dalam pertemuan yang hangat di Mansion House kemarin, kami membahas potensi investasi internasional untuk beberapa agenda pembangunan Jakarta, khususnya dalam rangka mencapai target Net Zero Emission di 2050," ujarnya.

Melakukan Kerja Sama

Tak hanya itu, dalam perjalanan itu Anies juga melakukan agenda UK-Indonesia EV Forum 2022 yang diselenggarakan oleh Global Indonesia Professionals' Association (GIPA) berkolaborasi dengan PT. Transportasi Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta, didukung oleh Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT), KADIN, Connected Catapult Places, KBRI London, dan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

Anies-Baswedan-3.jpg

Anies menjelaskan, UK-Indonesia EV Forum bertujuan untuk meningkatkan peluang kemitraan dengan menghubungkan pemangku kepentingan utama di Inggris dan Indonesia dalam rangka mendukung agenda elektrifikasi kendaraan yang digaungkan Presidensi G20 Indonesia.

Forum ini mempertemukan para pemikir terkemuka, pemimpin bisnis, akademisi dan profesional dari berbagai industri untuk membahas terobosan dan tantangan dalam mengakselerasi mobilitas berkelanjutan dan ekosistem infrastruktur kendaraan listrik.

"Kemarin turut berbicara dalam forum tersebut, serta menyaksikan penandatanganan MoU kerja sama antara PT Transportasi Jakarta dengan Switch Mobility, dan MoU kerja sama antara PT MRT Jakarta dengan Crossrail Internasional," jelasnya.

"Elektrifikasi sektor transportasi Indonesia berpotensi untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto sebesar $31,5 miliar pada tahun 2030," ujar Gubernur Anies Baswedan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES