Peristiwa Internasional

Sheikh Mohamed bin Al Zayed Jadi Presiden Uni Emirat Arab

Sabtu, 14 Mei 2022 - 19:38 | 82.46k
Presiden Baru UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, yang dikenal luas sebagai MBZ, adalah salah satu pemimpin paling kuat di dunia Arab. (FOTO: Al Jazeera/Reuters)
Presiden Baru UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, yang dikenal luas sebagai MBZ, adalah salah satu pemimpin paling kuat di dunia Arab. (FOTO: Al Jazeera/Reuters)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penguasa lama de facto Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (61) terpilih sebagai presiden pada hari Sabtu sehari setelah kematian mantan pemimpinnya.

Sheikh Mohamed dipilih oleh Dewan Tertinggi Federal, kata kantor berita WAM yang dikelola negara, setelah bertahun-tahun berada di balik layar saat saudara tirinya, Presiden Khalifa bin Zayed Al Nahyan absen karena kesehatan yang buruk.

Para penguasa tujuh syekh UEA membuat keputusan dalam sebuah pertemuan. Itu terjadi setelah Sheikh Khalifa meninggal pada hari Jumat pada usia 73 tahun.

WAM menggambarkan pemungutan suara sebagai suara bulat di antara para penguasa syekh negara itu, yang juga mencakup kota Dubai yang dipenuhi gedung pencakar langit.

"Kami mengucapkan selamat kepadanya dan kami berjanji setia kepadanya, dan orang-orang kami berjanji setia kepadanya," kata penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, di Twitter setelah pemungutan suara

“Seluruh negara dipimpin olehnya untuk membawanya ke jalan kemuliaan dan kehormatan, insya Allah," tambahnya.

Pemimpin Paling Kuat

Dikenal luas sebagai MBZ, Sheikh Mohamed adalah salah satu pemimpin paling kuat di dunia Arab. Lulusan Akademi Militer Kerajaan Inggris Sandhurst, ia memimpin salah satu tentara dengan perlengkapan terbaik di kawasan Teluk.

Bekerja di belakang layar selama bertahun-tahun sebagai pemimpin de facto, Sheikh Mohammed, mengubah militer UEA menjadi kekuatan berteknologi tinggi, yang ditambah dengan kekayaan minyak dan status pusat bisnisnya, memperluas pengaruh UEA secara internasional .

Sheikh Mohammed mulai memegang kekuasaan dalam periode ketika saudara tirinya Sheikh Khalifa menderita serangan penyakit, termasuk stroke pada tahun 2014.

Dia menjadi presiden pada saat hubungan lama UEA dengan Amerika Serikat telah terlihat tegang karena AS dianggap melepaskan diri dari masalah keamanan sekutu Teluknya.

MBZ memimpin penataan kembali Timur Tengah yang menciptakan poros anti-Iran baru dengan Israel. Dia juga mendukung kekuatan militer UEA yang, ditambah dengan kekayaan minyak dan status pusat bisnisnya, memperluas pengaruh UEA di wilayah tersebut dan sekitarnya.

Di bawah kepemimpinannya, UEA mengambil pendekatan yang lebih berfokus pada militer di kawasan itu, bergabung dengan Arab Saudi dalam perang berdarah selama bertahun-tahun di Yaman yang masih berkecamuk hingga saat ini.

Sejak pandemi virus corona, UEA di bawah kepemimpinan Sheikh Mohammed telah berusaha untuk merehabilitasi hubungan dengan Iran dan Turki.

Transisi kekuasaan menandai ketiga kalinya UEA memilih presiden sejak menjadi negara merdeka pada 1971. Kecepatan pengumuman hari Sabtu tampaknya dirancang untuk menunjukkan persatuan dan meyakinkan dunia akan stabilitas negara penghasil minyak dan gas yang penting ini.

Abu Dhabi, yang memegang sebagian besar kekayaan minyak negara Teluk, telah memegang kursi kepresidenan sejak pendirian federasi UEA oleh ayah Sheikh Khalifa, mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, pada tahun 1971.

UEA secara keseluruhan menjalani masa berkabung tiga hari atas meninggalnya Presiden Khalifa bin Zayed Al Nahyan yang akan membuat bisnis tutup di seluruh negeri dan pertunjukan dihentikan untuk menghormatinya.

Di Dubai, papan reklame elektronik semuanya menampilkan gambar-gambar mendiang pada Jumat malam disaat yang sama bendera dikibarkan setengah tiang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES