Peristiwa Nasional

Repatriasi Tiga ABK dari Vietnam, Kemlu Terus Berupaya Pulangkan yang Lain

Sabtu, 14 Mei 2022 - 17:56 | 61.14k
Foto Tiga ABK yang berhasil dipulangkan oleh Pemerintah Indonesia. (FOTO: dok. KJRI Ho Chi Minh City)
Foto Tiga ABK yang berhasil dipulangkan oleh Pemerintah Indonesia. (FOTO: dok. KJRI Ho Chi Minh City)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKementerian Luar Negeri (Kemlu) bersama dengan Perwakilan Indonesia di Vietnam telah berhasil memfasilitasi kepulangan tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia dari kapal dengan inisial MS yang masih tertahan di perairan Vietnam sejak November 2021 lalu pada hari Sabtu (14/5/2022).

Dalam keterangan tertulisnya, kapal MS adalah penarik tongkang yang berbendera Indonesia dan membawa 10 ABK Indonesia yang ditahan karena kejadian hanyutnya tongkang pada tanggal 3 November 2021 di perairan wilayah Vietnam bagian selatan akibat cuaca buruk.

“Hanyutnya tongkang menyebabkan adanya kerusakan tiang kincir angin fasilitas pembangkat listrik dan juga fasilitas jaring nelayan sekitar, sehingga perlunya penyelesaian proses ganti rugi akibat insiden tersebut,“ tulis Kemlu dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (14/5/2022).

ABK-dari-Vietnam-2.jpgPerwakilan Indonesia saat mengunjungi para ABK yang ditahan di perairan Vietnam. (FOTO: dok. KJRI Ho Chi Minh City)

Proses repatriasi ketiga ABK tersebut merupakan upaya intensif diplomasi melalui kerja sama yang erat dengan otoritas terkait di Vietnam. Beberapa kali pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Ho Chi Minh City mengunjungi ke kapal untuk memberikan bantuan logistik kepada para ABK WNI, termasuk saat lebaran hari ke-2 Idul Fitri dengan membawa ketupat.

Upaya pemulangan ABK Indonesia yang tersisa menjadi prioritas Perwakilan Indonesia di Vietnam. Untuk itu, Perwakilan Indonesia di Vietnam terus mendorong dilakukan pertanggungjawaban oleh perusahaan pemilik kapal MS dan memperhatikan kondisi tenaga kerja Indonesia yang berada di kapal tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES