Peristiwa Daerah

Cegah Wabah PMK, Pemkab Majalengka Bentuk Satgas

Sabtu, 14 Mei 2022 - 17:44 | 30.39k
Kepala DKP3 Kabupaten Majalengka, Iman Firmansyah. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)
Kepala DKP3 Kabupaten Majalengka, Iman Firmansyah. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Majalengka ‎tengah menyusun kerjasama dengan berbagai pihak dalam penanganan dan antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Saat ini, yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan intensif hewan ternak dari luar Majalengka.

"Sesegara mungkin kita mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di wilyah Kabupaten Majalengka," ujar Kepala DKP3 Majalengka, Iman Firmansyah‎, Sabtu, (14/5/2022). 

Iman menambahkan, kedatangan hewan ternak dari luar daerah wajib diperiksa kesehatannya. Saat ini pihaknya sedang kerjasama dengan Polres Majalengka. 

"Termasuk, kerjasama ke sentra-sentra (hewan ternak) yang ada di Majalengka dilakukan cek poin. dulu. Jika sapi itu sehat barulah boleh masuk Majalengka," katanya.

Iman menjelaskan, saat ini Majalengka belum ada yang terpapar PMK. Pihaknya sedang merancang tim Kabupaten dengan Bupati Majalengka.

"Nanti kami bikin tim khusus, tim satgas PMK Majalengka," ungkapnya.

Iman menuturkan, saat inipun pihaknya tengah mempersiapkan tim satgas, yang saat ini sudah mulai bergerak melakukan pemeriksaan ke setiap peternak/pengusaha hewan ternak, khususnya sapi.

"Satu Minggu ini kita intens melakukan pemeriksaan, menjelang momen Hari Raya Idul Adha bagi para peternak merupakan momen mencari keuntungan. Oleh karenanya, pemeriksaan hewan akan terus kami lakukan," ucap Kadis DKP3 Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES