Peristiwa Daerah

Jutaan Ubur-Ubur Muncul di Pisisir Pantai Probolinggo, Ada Apa?

Sabtu, 14 Mei 2022 - 16:06 | 42.40k
Penampakan ubur-ubur yang berada di perairan Probolinggo. (Foto: Srihartini/TIMES Indonesia)
Penampakan ubur-ubur yang berada di perairan Probolinggo. (Foto: Srihartini/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Sejumlah titik pesisir pantai Kota/Kabupaten Probolinggo, Jatim  dipenuhi jutaan ubur-ubur. Penampakan ribuan binatang laut tak bertulang ini sudah mulai terlihat di bibir pantai sejak Bulan April 2022 lalu.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo, Hari Pur Sulistiono mengatakan, kemunculan ubur-ubur di perairan pesisir Probolinggo ini, sudah menjadi fenomena tahunan. Karena seringnya kemunculan itu, membuat masyarakat setempat memahami keberadaan hewan laut itu.

Hewan tak bertulang ini, kata dia, cenderung muncul pada saat musim panas atau terjadi perubahan suhu air. Karena saat musim panas itu, otomatis perairan ikut menghangat, dan membuat ubur-ubur tertarik untuk mendekat. Hanya saja, kemunculan ubur-ubur tahun ini, sedikit tidak pada biasanya. 

Tahun-tahun sebelumnya, ubur-ubur ini mulai nampak di perairan sekitar bulan Oktover dan November. Akan tetapi, tahun ini sudah mulai muncul sejak Bulan Puasa atau Bulan April. 

"Tapi ukuran ubur-uburnya masih kecil-kecil dan terakhir sudah besar,” jelas pria yang akrab disapa Ipung itu, saat dikonfirmasi, Sabtu (14/5/2022).

Menurut Ipung, munculnya ubur-ubur itu lantaran kesuburan perairan di sepanjang perairan Kabupaten Probolinggo bagus. Sedangkan migrasi ubur-ubur itu terjadi karena dua faktor,  cuaca atau masalah makanan.

“Untuk masyarakat yang suka bermain dan berenang di pantai supaya menghidari ubur-ubur. Usahakan untuk tidak memegang atau menyentuhnya karena dapat mengakibatkan gatal,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, jutaan ubur-ubur kembali memenuhi perairan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan dan Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo, Jawa Timur. Keberadaan ubur-ubur di wilayah perairan Probolinggo sejak sepekan terakhir meresahkan pengunjung dan nelayan setempat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES