Gaya Hidup

Ini 3 Tips Mengatur Work Life Balance Agar Anda Lebih Produktif

Minggu, 15 Mei 2022 - 03:59 | 98.37k
Suasana Kantor dan Karyawan yang Bahagia (FOTO: bbc.com)
Suasana Kantor dan Karyawan yang Bahagia (FOTO: bbc.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dilansir dari laman djkn.kemenkeu.go.id, Work Life Balance memiliki makna kemampuan seseorang dalam menyeimbangkan tanggung jawabnya, antara pekerjaan dan non pekerjaan.

Work Life Balance marak di gaungkan di era millenial saat ini, dimana kita tidak perlu bekerja dari kantor. Namun masalah justru muncul dari hal tersebut. Ketika kita bekerja dari rumah, seringkali lingkungan rumah sangat tidak mendukung pekerjaan, yang membutuhkan fokus dan ketenangan.

Tubuh dan otak terbagi menjadi dua, antara urusan pekerjaan dan urusan rumah, terlebih ibu rumah tangga yang juga seorang pegawai. Lantas bagaimana cara mengatur dan memaksimalkan energi kita untuk menciptakan Work Life Balance yang produktif? Simak 3 tips berikut ini: 

1. Buat Skala Prioritas

Buatlah skala prioritas dengan mengurai tugas dan mengkategorikan dalam tiga kategori, yang pertama kategori penting, disini kalian dapat memasukkan tugas yang harus diselesaikan dengan tenggat waktu yang segera. Kategori inilah yang sebaiknya kalian selesaikan terlebih dahulu, sebelum berlanjut pada tugas yang lainnya.

Yang kedua kategori menengah, masukkan tugas-tugas yang memiliki tenggat lebih lama, sekitar seminggu dari tugas di kategori penting.Yang terakhir yaitu kategori sedang, tugas ini bisa diselesaikan kapan saja dan tidak terlalu membebani.

Dengan demikian urusan pekerjaan dan non- pekerjaan dapat berjalan secara lancar dan berkesinambungan.

2. Atur to-do-list per hari

Menjadwalkan dan mengatur to-do-list yang akan dilakukan pada hari itu, lakukan penjadwalan pada malam hari sebelum kalian beranjak tidur, pikirkan apa saja yang akan kalian lakukan di esok hari, urutkan dari pagi hari ketika bangun tidur hingga akan tidur lagi. Mengatur to-do-list membuat kita menjadi individu yang disiplin dan terorganisir, serta tepat waktu.

3. Lakukan Review Kegiatan Seminggu Sekali

Skala prioritas dan to-do-list sebaiknya dicatat pada satu buku catatan yang sama, agar mudah untuk melacak dan melakukan review. Bisa dilakukan setiap weekend kerja, dengan melihat bagian apa saja dalam to-do-list atau skala prioritas yang sebaiknya diperbaiki, dikurangi bahkan ditambah.

Bagaimana TIMES Lovers ? Mudah bukan mengatur Work Life Balance? Ciptakan kebahagiaan dan keseimbangan hidup dari dalam dirimu sendiri, karena dirimulah yang bertanggung jawab atas kebahagiaan diri sendiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES