Peristiwa Daerah

Warga Satu Dusun di Jombang Keracunan, Diduga Usai Santap Nasi Kotak

Sabtu, 14 Mei 2022 - 12:48 | 28.70k
Ilustrasi Keracunan Makanan. (foto: Istimewa)
Ilustrasi Keracunan Makanan. (foto: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Puluhan warga di Kecamatan Kesamben, Jombang, Jawa Timur keracunan. Mereka diduga mengalami keracunan usai menyantap hidangan tahlil dan yasin di rumah Eka Puji Astutik (47) di Dusun Garu RT 14 RW 3 pada Rabu (11/5) setelah shalat magrib. 

Kepala Dusun Garu, Ahmad Mustain mengatakan, kegiatan yasinan tersebut saat itu diikuti sekitar 70 warga Dusun Garu. Saat itu, tuan rumah membagikan nasi kotak yang berisi nasi putih, mi bihun, tahu goreng dan telur bumbu bali.

Mustain mengatakan, esok hari, Kamis (12/5), banyak warga yang mulai mengalami mual, muntah dan diare. Setelah diselidiki, para korban menderita gejala keracunan tersebut usai makan nasi kotak yang sama.

Karena korban makin banyak, Mustain bersama ketua RT melakukan pendataan jumlah korban.

"Sudah saya tanya keliling ke warga, menurut catatan Pak RT sekitar 40 orang yang rawat jalan ditambah yang opname 11 orang. Yang di rumah (rawat jalan) sudah agak pulih semua," terangnya, Sabtu (14/5/2022).

Sementara itu, Kapolsek Kesamben, AKP Achmad mengatakan, ada 12 korban yang menjalani rawat inap di rumah sakit, dan polisi sudah menyimpan 2 telur mentah dari rumah Eka dan sampel muntahan korban. "9 korban keracunan di Puskesmas Kesamben, 3 di RSI Sakinah Mojokerto. Rata-rata, korban mengalami mual, muntah dan diare. Dan sampel muntahan sudah dikirim ke laboratorium Dinkes Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES