Peristiwa Daerah

Cuaca Terik Terjadi di Probolinggo, Dinkes: Kemungkinan akan Terjadi Dehidrasi

Jumat, 13 Mei 2022 - 22:10 | 25.18k
Cuaca Panas . (Dok. TIMES Indonesia)
Cuaca Panas . (Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOCuaca terik yang terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia, juga terjadi di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Dinas Kesehatan setempat mengimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi akan terjadinya dehidrasi.

“Dalam cuaca terik saat ini, masyarakat harus waspada, karena kalau panasnya ekstrim, dikhawatirkan masyarakat bisa dehidrasi,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, dr. Nurul Hasanah Hidayati, kepada TIMES Indonesia, Jumat (13/5/2022). 

Sementara itu, dari hasil pengamatan BMKG  (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) bahwa kondisi suhu panas/terik yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia saat ini diperkirakan terjadi hingga pertengahan bulan Mei 2022. 

Suhu maksimum terukur selama periode tanggal 01 – 07 Mei 2022 berkisar antara 33 - 36.1 °C dengan suhu maksimum tertinggi hingga 36.1 °C terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara. 

Suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada bulan April selama 4-5 tahun terakhir sekitar 38.8°C di Palembang pada tahun 2019, sedangkan di bulan Mei sekitar 38.8 °C di Temindung Samarinda pada tahun 2018.

Berdasarkan hal tersebut, cuaca terik masih akan terjadi beberapa pekan kedepan.  Perubahan cuaca ekstrim ini dinilai rawan terhadap munculnya gangguan kesehatan. Untuk itu dr. Ida panggilan akrab Plt Dinkes Kota Probolinggo memberikan beberapa imbauan.  

“Memang kita rasakan cuaca panas akhir-akhir ini. Jadi masyarakat harus lebih wasapada, karena ini bisa menyebabkan dehidrasi,” tambah dr. Ida. 

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan  Sehat (PHBS).  Masyarakat harus selalu menjaga kesehatan, untamanya menjaga kecukupan asupan cairan. 

Selanjutnya menjaga asupan nutrisi tubuh dengan makanan bergizi, dan  istirahat yang cukup. Dan yang tak kalah penting, masyarakat juga diimbau agar selalu menerapkan protokol kesehatan, dengan sering cuci tangan dengan benar memakai sabun,  dan gunakan masker  ketika berada di tempat-tempat berisiko, seperti tempat umum yang banyak orang berkumpul. 

Seperti diberitakan TIMES Indonesia Sebelumnya, bahwa di beberapa wilayah di Indonesia mengalami cuaca terik atau panas, yang saat juga terjadi di Kota Probolinggo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES