Peristiwa Nasional

Peringati HUT, Lemhannas Ziarah ke Makam Bung Karno

Jumat, 13 Mei 2022 - 19:33 | 42.25k
Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto melakukan ziarah ke Makam Bung Karno di Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Jawa Timur, Jumat (13/05/2022). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)
Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto melakukan ziarah ke Makam Bung Karno di Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Jawa Timur, Jumat (13/05/2022). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) RI Andi Widjajanto melakukan ziarah ke Makam Bung Karno di Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Jawa Timur, Jumat (13/05/2022).

Ziarah itu dalam rangka peringatan HUT ke-57 Lemhannas RI dengan tema "Transformasi Lemhannas RI Ketahanan Nasional Era Geopolitik 5.0”

Gubernur Lemhanas Andi Widjayanto menjelaskan, ziarah Makam Bung Karno adalah bentuk penghormatan bagi Bung Karno sebagai sosok yang sangat berjasa dan penting bagi Lemhannas RI. 

"Lemhannas rutin berziarah dan tabur bunga ke Makam Bung Karno dalam peringatan HUT, namun 2 tahun ini sempat terhenti karena pandemi Covid-19," katanya.

Andi mengatakan, Bung Karno merupakan pencetus gagasan mengenai Pancasila, Tokoh Proklamator bersama Bung Hatta, Presiden Pertama Republik Indonesia. Bung Karno juga merupakan tokoh penting terbentuknya serta meresmikan Lemhannas RI pada 20 Mei 1965.

Lemhannas-2.jpgGubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto memimpin upacara ziarah  Makam Bung Karno, Jumat (13/05/2022). (Foto: Sholeh/ TIMES Indonesia)

"Ziarah ini juga merupakan salah satu bentuk usaha Lemhannas RI untuk merawat semangat, ide, dan pemikiran Bung Karno,utamanya dalam bidang ketahanan nasional sebagai entitas bangsa dan negara," jelasnya.

Bung Karno selaku Presiden Pertama RI memberikan pidato tentang Geopolitik pada kuliah pertamanya pada saat pembentukan Lemhannas RI. Sehingga, hal itulah, menurut Andi, yang membuat Lemhannas RI sering disebut sebagai sekolah yang mempelajari geopolitik.

Ia menjelaskan dalam peringatan HUT ke-57 ini, Lemhannas mengambil tema transformasi ketahanan nasional di era geopolitik 5.0. 

"Di era geopolitik 5.0 ini ada pergeseran kekuatan dari awalnya kekuatan militer dan ekonomi, sekarang beralih ke kekuatan digital dan budaya serta kekuatan konektifitas infrastruktur," urainya.

Untuk informasi, Gubernur Lemhanas melakukan ziarah dan tabur bunga Wakil Gubernur Lemhannas RI Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komisaris Jenderal Polisi Purwadi Arianto, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayor Jenderal TNI Sugeng Santoso, Deputi Pengkajian Strategis Reni Mayerni, Deputi Kebangsaan Laksamana Muda TNI Prasetya Nugraha, dan Para Pejabat Struktural Lemhannas RI.

Juga dalam kesempatan ini hadir pula Menteri Koperasi dan UKM RI Drs. Teten Masduki, Anggota DPR RI Hasto Kristiyanto, Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramodhawardani, Makmur Keliat, dan Iis Gindarsah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES