Indonesia Positif

Hasil Survei LPPM Unmer, Pelanggan Puas Pada Kinerja Perumda Tirta Kanjuruhan

Jumat, 13 Mei 2022 - 19:15 | 33.86k
FDG mengenai kepuasan pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan dari LPPM Unmer. (Foto : Perumda Tirta Kanjuruhan for TIMES Indonesia).
FDG mengenai kepuasan pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan dari LPPM Unmer. (Foto : Perumda Tirta Kanjuruhan for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat atau LPPM Unmer melakukan survei kepuasan pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan.

Hasilnya, masyarakat puas dengan kinerja dan pelayanan Perumda Tirta Kanjuruhan. Ini dibuktikan hasil survei Indeks Pelayanan Publik pada tahun 2022 meraih poin 90,19.

"Hasilnya naik dibandingkan tahun 2021 yang meriah poin 88,16," ujar Tenaga Ahli LPPM Unmer Malang, Eko Prihantono kepada TIMES Indonesia, Jumat (13/5/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk mutu pelayanan dari Perumda Tirta Kanjuruhan mendapat predikat A atau sangat baik. Artinya, mayoritas unit telah mendapat predikat A.

"Ada 26 unit Perumda Tirta Kanjuruhan yang kami lakukan penilaian. Terdapat 16 unit meraih predikat A dan 10 unit mendapat predikat B," ungkapnya.

Perumda-Tirta-Kanjuruhan-2.jpgDirut Perumda Tirta Kanjuruhan H Syamsul Hadi. (Foto : Perumda Tirta Kanjuruhan for TIMES Indonesia).

Beberapa unit Perumda Tirta Kanjuruhan yang mendapat predikat B itu dia menyebutkan diantaranya unit Pagak, Unit Sumbermanjing Wetan, Unit Poncokusumo dan Tirtoyudo.

"10 unit yang meraih predikat B itu karena kualitas dan kuantitas kurang. Karena faktor kondisi geografis di daerah sulit air. Apalagi kami melakukan survei saat kemarau," urainya.

Sedangkan untuk melakukan survei kata dia, LPPM Unmer menerjunkan 26 tenaga yang meliputi staf dan mahasiswa tingkat akhir. Sedangkan survei dilakukan 26 unit pelayanan yang dimiliki Perumda Tirta Kanjuruhan.

"Survei dilakukan di 26 unit pelayanan. Yakni dengan mengambil satu persen dari total pelanggan di masing-masing unit. Metode survei dilakukan dengan tatap muka," sebutnya.

Metode survei kata dia, sudah diatas standar yang diatur Kemenpan RB. "Kalau aturan Kemenpan RB, dari 1 juta pelanggan cukup diambil survei 323 pelanggan atau 0,30 persen. Sedangkan kami melakukan survei di 1 persen dari total pelanggan," ungkapnya.

Meski hasil survei pelanggan puas dengan kinerja Perumda Tirta Kanjuruhan, LPPM Unmer tetap memberikan beberapa rekomendasi yang salah satunya adalah kualitas air perlu ditingkatkan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES